Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/05/2018, 20:20 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Meskipun keriput, garis-garis halus, dan lipatan pada kulit adalah bagian normal dari proses penuaan, posisi tidur yang salah dapat menyebabkan wajah menua lebih cepat. Kok bisa?

Tidur dengan posisi menyamping atau tengkurap dengan wajah menempel di sarung bantal, misalnya, dapat menyebabkan pembentukan garis halus di dahi atau pipi.

Keriput dan garis halus disebabkan oleh hilangnya kolagen dan elastisitas, yang mengurangi volume kulit.

Tetapi, memberikan tekanan berulang (seperti tidur menyamping) atau menggerakkan otot wajah (tertawa atau cemberut, misalnya) akan mempercepat kerusakan kolagen, yang akhirnya mengarah pada garis halus di wajah.

Gesekan dan kontak dengan bantal menyebabkan kulit wajah tertarik dan terdorong. Maka dari itu, prosedur seperti Botox yang bekerja efektif pada keriput akibat ekspresi wajah pun tidak akan bekerja optimal bagi keriput tidur.

Keriput tidur akan dengan cepat menghilang pada kulit yang lebih muda, namun pada akhirnya menjadi permanen akibat tekanan terus menerus saat tidur dan berkurangnya elastisitas kulit dari proses penuaan.

Baca juga: 4 Kebiasaan Sepele Sebelum Tidur yang Merusak Kulit

Mengatasi garis halus dan keriput akibat posisi tidur adalah tantangan besar, karena satu-satunya cara untuk menghindarinya adalah dengan tidak tidur miring maupun tengkurap. Mengubah kebiasaan tidur bawah sadar bisa sangat sulit, namun jangan menyerah!

Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan kualitas rutinitas tidur demi mencegah keriput sebisa mungkin.

1. Tidur dengan wajah bersih

Selalu cuci wajah sebelum pergi tidur untuk menghapus tumpukan minyak, kotoran, keringat, dan makeup.

Tidur tanpa membersihkan segala sisa debu dan kotoran tidak hanya menyebabkan pori tersumbat, tetapi juga mencegah sel kulit baru untuk timbul ke permukaan.

Baca juga: Membersihkan Wajah Sebelum Tidur Itu Penting

2. Aplikasikan krim malam

Pelembap wajah yang dirancang khusus untuk digunakan saat malam dapat membantu kulit meremajakan diri dan memperbaiki kerusakan.

Saat kita menua, produksi kolagen akan melambat. Kulit dewasa juga memiliki lebih sedikit kadar minyak yang bisa menyebabkan kulit kering, sehingga keriput dan garis halus akan semakin tampak jelas.

Pilih produk krim malam yang mengandung hyaluronic acid, yang membantu untuk mengenyalkan dan mengencangkan kulit, dan retinol untuk meremajakan kulit dengan mendorong produksi kolagen yang bisa mencegah timbulnya keriput.

Baca juga: 5 Cara Pakai Pelembap Wajah Agar Hasilnya Maksimal

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com