BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan OPPO

Memahami Karakteristik Seseorang dari Warna Pakaiannya

Kompas.com - 16/05/2018, 18:13 WIB
Auzi Amazia Domasti,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah artikel di New York Magazine pada Senin (16/5/16), membahas tentang seringnya orang-orang New York memakai pakaian berwarna hitam.

Tak hanya orang-orang yang berlalu lalang di jalan, tetapi para fashion designer seperti Alexander Wang dan Michael Kors juga senang sekali mengenakan warna hitam dari atas sampai bawah.

Seorang kurator di Costume Institute The Metropolitan Museum of Art of New York, Jessica Regan menjelaskan sejarahnya. Jadi, usai masa kelam di abad ke-15 merupakan waktu pertama kalinya orang mengenakan warna hitam.

Setelah itu, warna tersebut berubah menjadi simbol kekuatan, elegan dan kemewahan karena di waktu itu pewarna hitam berharga mahal. Kemudian, berlanjut ke abad 19, keberadaan warna hitam semakin banyak, lebih terjangkau dan dipakai tak hanya dalam masa duka.

Zaman sekarang pun, ada saja orang yang suka warna hitam dan sering mengenakan warna hitam dalam pakaian sehari-harinya. Namun, dalam berpakaian, nyatanya warna hitam tak berarti selalu merepresentasikan kesedihan.

Sebaliknya, sebuah penelitian dengan ribuan responden yang dilakukan buytshirtonline.co.uk juga menyimpulkan bahwa memakai warna hitam berarti ingin menunjukkan kepercayaan diri karena dalam berpakaian warna tersebut cenderung menarik.

Alasan sederhana lain yaitu, ketika mengenakan warna hitam berarti seseorang tak perlu repot lagi mencocokkan warna pakaian antara yang satu dengan yang lainnya sehingga kepercayaan diri pun semakin meningkat.

[Baca juga: Monokrom, Gaya “Fashion” yang Pas di Berbagai Situasi]

Karakteristik orang yang sering mengenakan warna hitam pun memang dinilai ingin menunjukkan kekuasaan, independen, dan suka mengontrol. Hal tersebut juga diakui seorang penulis di New York Times, Katharine Jose.

Warna (hitam) itu membuat saya merasa lebih bisa mengontrol satu dari beberapa hal, di dunia yang rasanya terlalu random,” ujar Jose.

Karakteristik dan warna

Makna warna berpakaian memang sering dihubungkan dengan karakteristik seseorang. Nah bagaimana dengan warna lain?

Jika seseorang menyukai warna merah dan kerap menggunakan warna tersebut, misalnya, maka ia termasuk orang yang senang menarik perhatian dan berani.

Dilansir dari bbc.com pada Senin (1/9/14), warna merah membuat diri merasa lebih dominan dari seorang lawan, memacu detak nadi, dan meningkatkan testosteron yang bisa menunjang performa diri.

Baik pria maupun wanita bahkan terlihat lebih mudah tertarik melihat seseorang yang mengenakan pakaian yang dominan berwarna merah.

Ilustrasi pakaian berwarna merah.Shutterstock Ilustrasi pakaian berwarna merah.
Sementara itu, berbeda lagi karakteristik seseorang yang menyukai warna silver. Sejak awal Februari 2018, warna-warna silver dan metalik ini memang menjadi salah satu tren yang dikeluarkan berbagai brand fashion.

Banyak pakaian formal yang berwarna silver, tapi kini sudah banyak pula berbagai pakaian santai seperti atasan atau dress yang berwarna silver dan cocok dikenakan secara kasual.

[Baca juga: Kenali Kepribadian Seseorang dari Cara Berdandan sampai Foto Selfie]

Silver termasuk warna berani dan cukup mencolok. Karenanya, ada orang yang tak percaya diri mengenakan warna silver karena menimbulkan kesan terlihat lebih tua.

Dikutip dari huffingtonpost.com, Jumat (16/10/15), bila menyukai warna silver dan senang memakainya, berarti orang tersebut ingin menunjukkan kalau dia bukanlah orang yang pemalu, senang bertualang, dan semangat akan banyak hal.

Senada dengan kebutuhan

Berbeda warna kesukaan menunjukkan karakteristik dan kesan berbeda yang seseorang ingin tunjukkan pada orang-orang di sekitarnya.

Warna manapun sebenarnya tak jadi masalah untuk menunjukkan gaya fashion seseorang.

Ilustrasi smartphone Oppo F7 Diamond BlackDok. Oppo Ilustrasi smartphone Oppo F7 Diamond Black
Usai memadupadankan pakaian dengan warna-warna pilihan, seperti hitam, merah atau silver, ada hal lain yang perlu diperhatikan. Gaya fashion rasanya tak akan lengkap dengan penggunaan perangkat yang tepat dan senada untuk menunjang penampilan.

Salah satu perangkat yang menarik sekaligus multifungsi untuk kebutuhan harian, contohnya adalah smartphone. Ya, saat ini smartphone seperti pada Oppo F7 punya beberapa pilihan warna, seperti Diamond Black, Solar Red atau Moonlight Silver.

Kemudian, dari segi desain, layar U-Frame Super Full Screen 6,23 inci dengan ketebalan frame yang tipis di smartphone turut membuat tampilan ponsel jadi elegan. Resolusi Full High Definition+ ponsel ini pun membuat pengguna tetap nyaman saat menikmati konten multimedia.

Singkatnya, warna dan fitur sama-sama cakap saat dibawa sehingga layak pula menjadi pendukung penampilan. Sekarang tinggal harmonisasikan warna pakaian dan ponsel Anda untuk memperkuat kesan dan karakteristik yang akan diperlihatkan.


Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com