Menghindari Candu Makanan Bergula dengan 7 Langkah - Kompas.com

Menghindari Candu Makanan Bergula dengan 7 Langkah

Kompas.com - 17/05/2018, 05:05 WIB
Ilustrasi makanan maniskwanchaichaiudom Ilustrasi makanan manis

KOMPAS.com - Tak hanya makanan asin, ternyata makanan manis juga bisa menimbulkan kecanduan. Apakah kamu mengalaminya?

Misalnya, kecanduan es krim cokelat, donat, cupcake, atau makanan manis lainnya.

Berhati-hatilah, karena makanan dengan gula berlebih bisa menimbulkan banyak penyakit seperti kenaikan berat badan dan diabetes.

Pakar diet teregistrasi, Allison Stowell, RD berbagi tipsnya agar kita bisa menahan godaan mengkonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi.

Baca juga: Mana yang Lebih Bahaya: Kebanyakan Gula atau Garam?

1. Diet seimbang

Allison, kepada PopSugar, mengatakan bahwa mengkonsumsi pemanis buatan bisa meningkatkan mood, namun akan mengakibatkan kita kekurangan energi karena kadar insulin yang menjadi fluktuatif.

Untuk menghindarinya, pastikan kita tak mengkonsumsi gula berlebih. Allison menganjurkan untuk melakukan diet seimbang dan tak melewatkan makan utama.

2. Perlu mood booster? Pilih yang alami

Ada banyak makanan yang memiliki manfaat sebagai mood booster serta memiliki dampak psikologis terhadap otak dan sistem neurologi kita.

"Makanan itu bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan mood, yang memiliki efek sama seperti jika kita mengkonsumsi gula," kata Allison.

Beberapa yang sehat di antaranya, seperti kacang, ikan, hingga dark chocolate. Jadi jangan pilih yang kebanyakan gula. 

3. Konsumsi dark chocolate

Jika kamu merasa stres dan membutuhkan gula, cokelat bisa membantumu. Riset menunjukkan bahwa cokelat bisa membantu mengontrol level kartisol atau hormon stres dalam tubuh.

Namun, bukan berarti kamu bisa mengkonsumsi sebatang besar cokelat.

"Coba lah konsumsi sekitar satu ons secara rutin agar faktor stres berkurang, dan pilih jenis dark chocolate, " ujarnya.

4. Menjernihkan pikiran

Makanan seringkali menjadi hal yang pertama terbesit di pikiran saat kita stres, marah, atau sedih. Namun, hal itu bisa kita hindari dengan melatih pola makan dengan pikiran.

Allison mengatakan, penting untuk makan secara perlahan, sesuaikan otak dengan tubuh dan perut, kemudian lihatlah bagaimana otak hanya memilih makanan tertentu saja.

"Jika tiba saat dimana otak dan perut kita berbeda keinginan, maka saat itu lah kita harus berdiam sejenak, menjernihkan pikiran dan pikirkan apa yang sebetulnya kita butuhkan," katanya.

5. Konsumsi protein dan lemak

Kita tidak perlu secara langsung berhenti mengkonsumsi gula. Allison merekomendasikan menyeimbangkannya dengan protein atau lemak sehat untuk menekan keinginan kita mengkonsumsi gula.

Ia menjelaskan, konsumsi gula bersama dengan protein dan lemak akan memperlambat proses pencernaan dan memberikan efek kenyang. Ini bisa membuat kita mengurangi konsumsi gula.

6. Makan buah dan sayur

Buah-buahan dan sayuran adalah bentuk karbohidrat kompleks yang akan membantu proses pencernaan gula.

Baca juga: 5 Buah Rendah Gula untuk Menurunkan Berat Badan

7. Konsumsi Almond

Jika suatu waktu kamu sangat menginginkan makanan bergula, Allison menyarankan untuk makan almond.

Ia menjelaskan, almond tidak hanya baik untuk kesehatan tapi kandungan asam amino tirosin dalam almond juga bisa meningkatkan produksi dopamin.



Komentar
Close Ads X