Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/05/2018, 10:44 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Tidak minum selama kurang lebih 12 jam puasa sambil melakukan aktivitas di luar ruangan dapat membuat kita berisiko mengalami dehidrasi.

Meskipun memang, dehidrasi yang terjadi ketika puasa merupakan dehidrasi yang ringan dan tak membahayakan nyawa.

Namun, tetap saja hal tersebut mungkin akan menghambat berbagai aktivitas karena kondisi ini menimbulkan beberapa gejala seperti pusing, sakit kepala, dan tubuh terasa lelah. Lalu bagaimana agar tak mengalami dehidrasi saat puasa?

Tubuh kita terdiri dari 70% cairan, oleh sebab itu cairan sangat penting untuk mempertahankan fungsi tubuh normal. Oleh karena itu, jangan sepelekan kebutuhan cairan kita.

Baca juga: 6 Kebaikan yang Didapatkan Jika Rutin Minum Air Hangat

Kita harus memiliki perencanaan sendiri untuk memenuhi kebutuhan tersebut agar tak dehidrasi. Berikut adalah hal-hal yang dapat membantu mencegah dehidrasi saat puasa.

1. Tetap minum air sesuai kebutuhan

Pada dasarnya, kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda – sama seperti kebutuhan kalori. Kebutuhan ini bergantung pada aktivitas serta kondisi fisik dari setiap individu.

Namun, memang rata-rata orang dewasa membutuhkan setidaknya 8 gelas air per hari atau setara dengan 2 liter air.

Lalu bagaimana mengatur kebutuhan cairan saat berpuasa? Kita bisa menerapkan aturan 2-4-2 ketika berpuasa. Hal ini berarti 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka puasa, dan 2 gelas sebelum tidur atau menjelang sahur.

2. Jangan terlalu banyak makan makanan asin saat sahur

Baru menjalani beberapa jam puasa sudah merasa haus? Bisa jadi menu sahur alasannya. Ya, makanan bergaram dapat membuat kitaa haus bahkan hingga kekurangan cairan. Sebab, garam sangat berpengaruh terhadap pengaturan cairan di tubuh.

Terlalu banyak garam yang masuk ke dalam tubuh hanya akan mengacaukan pengaturan tersebut dan akhirnya membuat kita cepat haus.

Baca juga: Lebih Sehat dengan Cukup Minum Air

3. Perbanyak cairan di malam hari menjelang sahur

Bila takut kembung akibat air ketika makan sahur, kamu bisa minum dan memenuhi kebutuhan cairan sesaat sebelum tidur di malam.

Bahkan jika terbangun di malam hari, usahakan untuk menyempatkan minum terlebih dahulu. Hal ini demi memenuhi kebutuhan cairan dalam sehari.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com