Kesalahan Pasangan dalam Merekam Hubungan di Instagram - Kompas.com

Kesalahan Pasangan dalam Merekam Hubungan di Instagram

Kompas.com - 17/05/2018, 11:00 WIB
Ilustrasi selfieJackF Ilustrasi selfie

KOMPAS.com - Media sosial, khususnya Instagram, menjadi sarana bagi para pasangan yang sedang jatuh cinta untuk merekam kisah asmara mereka.

Media sosial memang menjadi tempat yang pas untuk menunjukkan perasaan kita kepada pasangan. Namun, menurut Dr.Pamela Rutledge, direktur Media Psychology Research Center, mengumbar kemesraan di Instagram juga dapat berdampak negatif.

Ada beberapa perilaku yang bisa menunjukkan sebenarnya ada masalah dalam hubungan mereka.

1. Terlalu sering posting tentang satu sama lain
Kebanyakan orang akan terganggu dengan pasangan yang sering mengunggah soal hubungannya.

"Instagram bukan komunikasi antar orang, tetapi komunikasi dari satu orang kepada dunia," kata Rutledge.

Penelitian menunjukkan, orang yang berlebihan menunjukkan soal hubungannya biasanya justru akan dijauhi temannya. "Ketika kita seolah tidak peduli pada hal lain kecuali soal pasangan, teman dan sahabat akan menjaga jarak," katanya.

2. Menulis panjang lebar tentang pasangan
Mempublikasikan tentang pasangan, seberapa baiknya dia, dan rasa cinta kita kepadanya, sebenarnya bisa menjadi tanda kita merasa cemas dengan ikatan hubungan.

Ungkapan berbunga-bunga itu menunjukkan bahwa kita ingin agar dunia tahu soal hubungan kita sehingga ikatannya makin kuat dan "tidak bisa putus". Orang lain akan merasa jengkel membaca pujian berlebihan kamu.

"Itu sama seperti kita berkumpul dengan teman dan yang mereka lakukan adalah ngobrol dan kita tak dilibatkan. Media sosial adalah sebuah percakapan. Taruhlah sesuatu di sana yang orang lain juga bisa peduli," katanya.

3. Membuat insta-story tentang kencan
Seberapa menarik pun kegiatan kamu dengan pasangan, tak perlu membuat insta-story sampai 12 bagian. Lagi pula, jika kamu dan pasangan sangat hobi menampilkan video kencan, bukankah itu berarti kamu berdua tidak ngobrol atau terhubung di dunia nyata?

4. Selalu eksis sendirian di Instagram
Satu hal yang lebih buruk daripada kamu dan pasangan selalu memegang gawai dan tak saling bicara adalah hanya salah satu yang tetap eksis di Instagram selama acara kencan.

"Itu menunjukkan salah satunya diabaikan. Memberi pasangan kita perhatian adalah fondasi dari keintiman hubungan," kata Rutledge.

5. Tidak pernah posting foto berdua
Memang ada pria yang pemalu dan introvert sehingga tidak nyaman menampilkan hal-hal pribadi di media sosial.

Akan tetapi, jika kamu selalu pamer kemesraan, termasuk posting foto selfie berdua, sementara tak ada satu pun foto kamu di media sosialnya, ini juga menunjukkan hubungan bermasalah.


Komentar
Close Ads X