Kompas.com - 18/05/2018, 07:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Psikopat memiliki kesan menakutkan, namun sebenarnya sulit mengetahui apakah seseorang punya kecenderungan sifat ini atau tidak. Seringkali psikopat berpenampilan biasa saja.

Dalam Diagnositic and Statistical Manual of Mental Disorder (DSM-5) yang menjadi acuan para psikolog dan psikiater, orang yang memiliki tipe kepribadian psikopat punya ciri utama antisosial sehingga punya gangguan dalam berpikir, memahami situasi, dan berhubungan dengan orang lain.

Orang dengan gangguan kepribadian psikopat sangat pintar memanipulasi orang lain dan sering mengabaikan hak-hak, keinginan, dan perasaan orang lain.

Dalam dunia kerja psikopat ternyata sering berada di posisi pimpinan. Ini karena mereka berkarisma, tidak gampang takut, bahkan tergolong kejam.

Mereka sangat ahli membuat keputusan yang cepat, tapi tidak punya rasa empati seperti halnya perawat atau terapis.

Psikolog dari Inggris, Kevin Dutton, yang punya spesialisasi tentang psikopat, dalam bukunya “The Wisdom of Psychopaths: What Saints, Spies, and Serial Killers Can Teach Us About Success,” mengungkapkan daftar pekerjaan yang lebih disukai psikopat.

Berikut adalah 10 pilihan karir yang disukai psikopat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

10. Pegawai pemerintah
Menjadi pegawai pemerintah adalah pilihan karir terpopuler nomer-10 bagi para psikopat, menurut Dutton.

Pada tahun 2014, pemerintah Inggris Raya menyebut merekrut psikopat karena mereka "sangat bagus saat menghadapi krisis" dan "tidak punya perasaan", atau moral, serta cenderung cerdas dan logis.

9. Chef
Sebagian besar psikopat tidak berniat melukai orang lain, jadi jangan terlalu takut dengan chef yang bekerja di dapur dekat dengan api dan pisau.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X