Kompas.com - 18/05/2018, 11:35 WIB
Ilustrasi tidur spectrelabsIlustrasi tidur
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sebulan penuh menjalani puasa, menahan haus dan lapar sekitar hampir 13 jam menjadi kewajiban bagi umat muslim.

Saat puasa, kita mengalami beberapa perubahan seperti pola makan, waktu tidur, dan aktivitas sehari-hari sehingga dapat memengaruhi jam biologis dan metabolisme tubuh.

Perubahan waktu tidur membuat kita lebih sering merasa ngantuk dan akhirnya memilih untuk tidur seharian untuk menghilangkan rasa kantuk itu. Namun, apakah tidur saat puasa benar-benar membuat kita hilang dari ngantuk?

Saat puasa banyak dari kita yang mengubah pola aktivitas. Kegiatan seperti makan, minum, berkumpul dengan kerabat, dan olahraga seringkali dilakukan setelah berbuka puasa hingga malam hari.

Selain itu, bangun pagi untuk sahur seringkali membuat waktu tidur lebih pendek. Meski tidak parah, perubahan ini dapat memengaruhi waktu tidur saat puasa.

Tak jarang saat puasa orang lebih terjaga di malam hari, dan merasa ngantuk di pagi hari. Sehingga, beberapa orang menghabiskan waktu liburnya di kasur dari pagi hingga siang, bahkan sampai menjelang waktu berbuka.

Baca juga: Tak Perlu Puasa Olahraga di Bulan Ramadhan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebenarnya, terlalu sedikit atau terlalu banyak tidur dapat membuat tubuh jadi lebih lelah. Masuk akal jika kurang tidur membuat merasa lelah.

Sebaliknya, tidur lebih banyak daripada yang kita butuhkan juga tidak membuat segar dan bersemangat. Bahkan, banyak orang merasa lesu karena tidur seharian saat puasa.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang terlalu banyak tidur justru akan tergganggu pola tidur dan jam biologis tubuhnya (ritme sirkadian). Hal ini yang kemudian menyebabkan seseorang jadi cenderung kelelahan setelah seharian tidur.

Sebaiknya, atur waktu tidur saat puasa dengan baik

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.