Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/05/2018, 15:35 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Latihan kardio menjadi pilihan utama banyak orang yang sedang menurunkan berat badan.

Selain melancarkan peredaran darah, latihan ini juga membakar kalori lebih efektif. Namun, berapa lama kardio yang dibutuhkan setiap minggunya agar berat badan bisa turun sesuai yang diinginkan?

Pemilik Jim White Fitness dan Nutrition Studios, Jim White, RD, ACSM menjelaskan kepada POPSUGAR bahwa setidknya kita melakukan kardio 300 menit per minggu.

Itu berarti, kita harus melakukan kardio minimal satu jam, lima kali seminggu.

Terdengar berat? Jangan dulu merasa terintimidasi, karena satu jam kardio tersebut ternyata tak perlu diisi dengan spin class intensif atau olahraga HIIT (High-intensity interval training) yang panjang.

Baca juga: Olahraga Kardio dan 10 Manfaat Ajaibnya Bagi Tubuh

Hal terpenting adalah melakukan kardio secara rutin dalam level moderat atau olahraga dengan intensitas rendah namun stabil. Ini sekitar 60 hingga 70 persen detak jantung maksimal.

Jim juga mengatakan bahwa porsi ini bisa dibagi-bagi lagi. Misalnya, jika olahraga selam sejam terasa memberatkan, kita bisa meringankannya dengan jalan kaki selama 30 menit di pagi hari dan bersepeda 30 menit di sore hari.

Upayakan untuk menjaga tubuh tetap bergerak dan meningkatkan detak jantung dari level istirahat.

Selain itu, tentu saja, kardio sebaiknya tak menjadi satu-satunya olahraga. Gabungkan dengan olahraga beban untuk hasil yang lebih maksimal, yakni terbakarnya lemak dan membangun massa otot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber POP SUGAR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com