Kompas.com - 18/05/2018, 22:00 WIB

KOMPAS.com - Vitamin D layak disebut sebagai vitamin "ajaib". Sebab, selain dikenal khasiatnya untuk membantu manusia menyerap kalsium, vitamin D juga menurunkan angka kematian yang disebabkan kanker payudara, usus besar, dan prostat.

Bahkan, vitamin ini pun disebut mampu berperan dalam menangkal depresi. Tak hanya khasiat itu, laman South Lands Sun juga menguraikan tiga manfaat lain dari vitamin D.

1. Melindungi sistem imun

Penelitian yang dilakukan dari waktu ke waktu melahirkan kesimpulan yang menyebut vitamin D menjadi cara efektif untuk melindungi sistem imun. 

Baca juga: Temuan Baru, Vitamin D Dosis Tinggi Baik Untuk Anak Kurang Gizi

Sebuah riset yang dimuat dalam the Journal of Leukocyte Biology di bulan Mei 2012, menyebut kadar vitamin D yang tidak memadai, berkaitan dengan kurangnya respon imun tubuh.

Ada kemungkinan peningkatan asupan vitamin D dapat memperkuat respons kekebalan tubuh terhadap infeksi virus.

2. Mengurangi risiko infeksi pernafasan

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada bulan September 2012 menyebut, vitamin D harian dapat mengurangi risiko infeksi pernapasan di musim dingin.

Baca juga: Menurut Studi Baru, Vitamin D Baik untuk Pasien Luka Bakar

Penelitian pada 247 anak-anak sekolah di Mongolia (yang diketahui berisiko tinggi kekurangan vitamin D, terutama di musim dingin) diberi asupan suplemen setiap hari.

Hasilnya, risiko infeksi pernapasan akut berkurang separuhnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.