Tips Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Kompas.com - 21/05/2018, 14:39 WIB
Ilustrasi bau mulut SIphotographyIlustrasi bau mulut
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bau mulut bisa jadi merupakan salah satu masalah yang kamu hadapi selama berpuasa. Bau mulut yang kurang sedap dapat membuat tidak nyaman, aktivitas sehari-hari juga bisa terganggu.

Sebenarnya apa yang menyebabkan bau mulut dan bagaimana caranya agar terhindar dari bau mulut selama berpuasa?

Pada saat puasa, tubuh bisa jadi menggunakan lemak sebagai sumber energi utama karena cadangan glikogen pada hati dan otot yang biasa menjadi sumber energi sudah habis terpakai.

Saat lemak digunakan, tubuh akan menghasilkan senyawa yang disebut keton. Senyawa ini memiliki bau khas yang dapat tercium melalui napas kita.

Selain itu, selama berpuasa kita tidak diperbolehkan minum air. Keadaan mulut yang kering ini juga dapat menyebabkan bau mulut karena pada saat mulut kering, kadar air liur dalam mulut berkurang. Padahal, air liur berfungsi untuk menetralisir asam yang dihasilkan dari plak.

Air liur juga berperan untuk menghilangkan sel-sel mati yang terakumulasi pada lidah, gusi, dan pipi. Jika sel-sel mati ini dibiarkan saja, maka dapat menyebabkan bau mulut.

Makanan dan minuman yang kita konsumsi saat sahur maupun berbuka juga dapat mempengaruhi bau mulut.

Makanan yang sudah dicerna akan diedarkan ke seluruh tubuh melalui darah, termasuk ke paru-paru. Jika kita mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki aroma menyengat maka bukan tidak mungkin napas menjadi berbau kurang sedap.

Kurang bersih menyikat gigi juga dapat menjadi penyebab bau mulut saat berpuasa. Untuk membersihkan mulut, menyikat gigi saja ternyata tidaklah cukup. Kita juga harus menggunakan benang gigi, membersihkan bagian gusi, hingga membersihkan lidah.

Baca juga: Simak, Tips Agar Tak Bau Mulut Saat Berpuasa

Tips mencegah bau mulut saat puasa

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X