5 Pilihan Minuman Buka Puasa yang Sehat dan Menyegarkan

Kompas.com - 21/05/2018, 16:59 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Saat puasa, tubuh rentan kekurangan cairan, karena itu kita wajib mencukupi kebutuhan cairan selama puasa saat sahur dan berbuka.

Namun tak hanya asal minum, kita perlu memilih minuman yang tak hanya menghilangkan rasa haus saat berbuka tetapi juga tetap menyehatkan.

Minuman yang menyehatkan bisa mengisi kembali energi yang hilang selama puasa. Lalu, apa saja aneka minuman buka puasa yang sehat dan menyegarkan yang bisa kita pilih?

1. Air putih

Ilustrasi air putihYSedova Ilustrasi air putih
Air putih menjadi menu wajib yang harus dikonsumsi setiap harinya. Minum air putih saat berbuka membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh yang hilang setelah seharian penuh berpuasa.

Air putih menjadi jenis air paling ampuh untuk menghilangkan rasa haus. Meskipun terasa hambar, air putih mengandung banyak manfaat bagi tubuh seperti:

  • Membantu tubuh bekerja normal sesuai fungsinya
  • Memberikan energi untuk otot
  • Menyehatkan kulit
  • Menjaga kesehatan ginjal
  • Membantu menjaga fungsi usus normal

Untuk itu, meminum segelas air putih saat berbuka cukup untuk menghilangkan rasa haus dan membasahi organ tubuh bagian dalam.

2. Air kelapa

IlustrasiSHUTTERSTOCK Ilustrasi
Salah satu minuman yang Anda harus pilih dari aneka minuman buka puasa adalah air kelapa karena selain mampu menghidrasi tubuh juga dapat mengisi kembali elektrolit yang hilang selama berpuasa.

Elektrolit adalah mineral yang berperan penting dalam tubuh termasuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh untuk mencegah dehidrasi.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X