Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/05/2018, 04:04 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Apa minuman andalan kamu saat sahur? Teh, susu, kopi, ataupun air putih adalah beberapa jenis minuman yang sering menjadi pendamping makan di waktu sahur.

Namun, ada beberapa orang yang memilih minum madu saat sahur. Entah diminum langsung atau dicampur dengan air putih hangat atau teh.

Kedua cara minum madu ini sah-sah saja untuk dilakukan, dan tentunya dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh selama menjalani ibadah puasa. Apa saja, ya?

1. Meningkatkan energi tubuh

Selama menjalani ibadah puasa, tubuh diharuskan untuk menahan lapar dan haus. Ditambah dengan padatnya aktivitas yang mungkin kita jalani, tubuh harus bekerja lebih keras guna menyuplai energi sebagai pendukung semua kegiatan.

Nah, selain mencukupi kebutuhan energi tubuh dari makanan yang sehat dan bergizi, kita juga bisa minum madu saat sahur untuk mengoptimalkan energi di awal hari.

Menurut National Institute of Health, minum madu saat sahur kurang lebih sebanyak satu sendok makan ternyata setara dengan asupan 17 gram karbohidrat. Itu sebabnya madu bisa jadi salah satu pilihan tepat untuk meningkatkan kebutuhan energi.

Hal ini dikarenakan madu mengandung sejumlah gula alami seperti fruktosa, maltosa, glukosa, dan sukrosa.

Saat masuk ke dalam tubuh, kandungan tersebut akan diolah menjadi kalori, yang bisa diandalkan untuk meningkatkan energi tubuh selama beraktivitas di kala puasa.

Baca juga: 5 Makanan Buka Puasa yang Cepat Pulihkan Energi

2. Sebagai pengganti gula

Kita mungkin jadi lebih sering makan aneka jenis makanan manis di bulan puasa. Pasalnya, di waktu sahur dan berbuka minuman dan makanan manis lazim dihidangkan untuk menambah produksi energi dalam tubuh.

Gula yang dicampurkan dalam makanan dan minuman memang bisa menambah kalori, hanya saja tidak akan memberi nutrisi bagi tubuh. Sesekali, kita bisa mencoba alternatif lain seperti madu.

Madu tidak hanya akan memberi rasa manis dan lezat pada hidangan, tapi juga mengurangi efek buruk yang diakibatkan oleh konsumsi gula berlebihan. Meski begitu, penting bagi kita untuk tetap memerhatikan batasan konsumsi madu yang optimal.

Baca juga: 10 Hal yang Terjadi Saat Kita Mengurangi Gula

3. Mencegah asam lambung naik

Bagi penderita refluks asam lambung alias GERD, bulan puasa bisa menjadi suatu tantangan tersendiri. Kamu harus ekstra hati-hati dalam mengatur pola makan guna menghindari asam lambung naik saat puasa.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com