Kompas.com - 22/05/2018, 13:13 WIB

KOMPAS.com - Tujuh makanan dan minuman ini boleh saja menjadi favoritmu. Namun, sebaiknya jangan mengambil risiko. Sebab, berbagai macam penyakit berpotensi lahir dari pangan tersebut jika kita memilih dari sumber yang tidak terjamin kebersihannya.

Selain itu, proses pemasakan yang tidak tepat juga meningkatkan risiko kita terpapar parasit yang terkandung di dalamnya.

Apa saja tujuh makanan dan minuman yang dimaksud?

1. Kerang tiram mentah

Oyster alias kerang tiram dianggap sebagai makanan mewah karena harganya relatif mahal. Tiram juga dikenal memiliki fungsi menaikkan libido.

Meski begitu, pakar keamanan makanan Jeff Nelken mengatakan, tiram telah banyak terkontamisasi dan memiliki banyak risiko kesehatan.

"Konsumsilah tiram yang dimasak dengan panas 145 derajat celcius, maka bakteri di dalamnya akan lebih aman," kata Nelken.

Ilustrasi makanan matang siap sajiReaders Digest Ilustrasi makanan matang siap saji
2. Masakan siap saji dalam kemasan

Makanan kemasan banyak kita temukan di supermarket, katering, atau dari sumber lainnya. Terkadang, kita lebih memilih makanan kemasan karena terlihat enak dan praktis.

Tapi, sebelum mengonsumsinya, pastikan makanan tersebut disimpan dalam suhu yang aman.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.