Kompas.com - 22/05/2018, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Memilih menu makanan yang bernutrisi saat sahur dan buka sangat penting untuk memastikan tubuh tetap berenergi selama menjalani ibadah puasa.

Meski begitu, beberapa orang tak sempat atau malas melakukan sahur. Untuk memenuhi kebutuhan air sehari penuh, mereka meminum banyak air dengan harapan tubuh mereka cukup terhidrasi dengan baik saat berpuasa.

Food Safety Awareness Officer di Dubai Municipality, Shugufta M. Zubair, menjelaskan meminum banyak air ketika sahur bukan cara yang tepat untuk mencegah dehidrasi.

"Minum banyak air bukan berarti tubuh kita jadi lebih terhidrasi. Hal ini hanya akan membawa manfaat sementara," ujar Zubair.

Air, lanjut dia, memang tak berbahaya dan bagus untuk tubuh. Namun, makan sahur tetap tak boleh dilewatkan.

Ia menganjurkan agar makanan sahur fokus pada porsi yang seimbang dari karbohidrat, protein dan sayuran. Kemudian dilengkapi dengan susu.

Zubair menyarankan jumlah porsi sebanyak sepertiga pada setiap jenis makanan.

"Karbohidrat memberi kita energi dan memainkan peran penting dalam diet kita. Sementara protein bermnfat untuk jaringan dan organ tubuh, sedangkan susu kaya akan kalsium. Potasium, vitamin D, dan protein," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.