Kompas.com - 22/05/2018, 17:17 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Es buah merupakan salah satu minuman buka puasa yang paling banyak digemari orang. Campuran berbagai macam buah dengan kuah susu dan sirup memang menjadi santapan menyegarkan untuk berbuka puasa.

Sayangnya, es buah tersebut tidak sesehat yang kita kira. Tambahan susu, sirup, dan gula membuat minuman satu ini sangat tinggi gula, sehingga tidak baik untuk kesehatan.

Jika bosan dengan es buah yang itu-itu saja, berbagai pilihan minuman buka puasa di bawah ini mungkin bisa jadi insipirasi sehat untukmu.

1. Soda semangka mint

ilustrasi minuman semangka dengan mintSecha6271 ilustrasi minuman semangka dengan mint
Campuran buah semangka, timun, perasan jeruk nipis, dan daun mint merupakan perpaduan yang pas untuk dijadikan minuman buka puasa.

Kandungan air dan elektrolit pada buah semangka dapat membantu Anda mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah seharian puasa. Sementara mentimun tinggi kalium yang baik untuk menurunkan tekanan darah.

Cara membuat minuman ini mirip dengan infused water. Potong semua bahan menjadi bagian yang lebih kecil. Lalu campurkan semua bahan ke dalam wadah yang berisi air. Diamkan semalaman di dalam lemari pendingin.

Kamu juga bisa menambahkan 1 sendok teh madu untuk memberikan rasa manis alami. Perpaduan rasa manis dari buah melon dan asam dari jeruk nipis dapat memulihkan kembali energi setelah seharian berpuasa.

2. Jus mentimun, apel, dan bayam

Ilustrasi jus mentimun, bayam, dan apelAnnaPustynnikova Ilustrasi jus mentimun, bayam, dan apel
Batalkan puasa dengan secangkir jus buah alami dari campuran mentimun, apel, dan bayam ini. Ketiga bahan tersebut mengandung banyak nutrisi, termasuk vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.