Kompas.com - 23/05/2018, 13:13 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Untuk membuat keturunan pintar tidak lah mudah. Namun satu hal yang perlu diketahui, garis keturunan dipengaruhi rutinitas pendahulunya, termasuk sang bapak.

Dan anggapan itu tampak betul adanya.

Dikutip dari laman Dmarge, menurut studi terbaru, aktivitas olahraga mengubah otak dan sperma hewan jantan, yang nantinya memengaruhi otak dan kemampuan berpikir anak-anak mereka.

Percobaan ini dilakukan pada sekelompok tikus jantan yang identik secara genetik, di mana semuanya jarang bergerak. 

Kemudian, setelah mereka mencapai usia dewasa, setengah dari mereka ditempatkan di kandang yang dilengkapi dengan roda berjalan dan permainan yang dirancang untuk merangsang tubuh dan otak mereka.

Setelah itu, 10 minggu kemudian, para ilmuwan melihat ke dalam otak mereka dan menemukan, tikus yang banyak bergerak mengembangkan koneksi saraf lebih kuat, dan memiliki kemampuan lebih baik dalam tes kognitif daripada tikus yang tetap jarang bergerak.

Baca juga: Olahraga, Cara Mudah dan Murah Hidup Lebih Bahagia

Temuan menarik lainnya, keturunan kelompok tikus aktif juga belajar lebih cepat dan memiliki ingatan yang lebih baik daripada tikus dengan orang tua yang tidak aktif, meskipun mereka semua tumbuh di lingkungan yang sama.

Meskipun penelitian ini baru menguji coba pada tikus, tapi tak ada salahnya memulai olahraga agar garis keturunan kita lebih maju dari segi kemampuan otak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber DMarge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.