Kompas.com - 24/05/2018, 08:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Banyak orang memiliki masalah kulit kering. Penyebabnya banyak, seperti kurangnya asupan mineral, nutrisi dan antioksidan pada tubuh, terlalu sering mandi air panas, dan lainnya.

Tapi, tahukah kamu jika diet yang salah juga bisa menyebabkan kulit kering?

Ahli kecantikan Weny Yulisandrarini S. Ked menjelaskan, pada diet yang kurang baik, asupan nutrisi tubuh tidak tercukupi.

Idealnya, meski berdiet kita harus tetap mempertimbangkan kebutuhan nutrisi tubuh.

"Kita harus pikirkan bahwa makanan yang tidak baik bisa mengurangi asupan pada tubuh," ujar Weny di Jakarta, Rabu (23/5/2018).

Ia mencontohkan seseorang yang memangkas daging dalam pola dietnya, misalnya, bisa kekurangan vitamin D dan K. Padahal, vitamin D dan K juga bermanfaat untuk elastisitas kulit.

Sehingga, kekurangan dua vitamin tersebut otomatis bisa membuat kulit kendur. "Kulit bisa jadi kering dan tampak lebih tua," tuturnya.

Baca juga: Diet Tak Tepat Hanya Bikin Berat Badan Bertambah

Namun, ia menegaskan tak semua diet buruk dan merusak kulit.

Salah satu pola diet yang baik dan mampu menyehatkan kulit, misalnya dengan menyelipkan konsumsi buah dan sayuran sehingga kebutuhan vitamin terpenuhi.

"Misal pagi semangka atau apel, jelas semua unsur vitamin ada," kata Weny.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X