Menurut Studi, Kemampuan Navigasi Pria Lebih Baik

Kompas.com - 24/05/2018, 09:48 WIB
Ilustrasi sistem penunjuk jalan. CaranddriverIlustrasi sistem penunjuk jalan.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pernahkah kamu merasa lebih mahir membaca peta atau mencari arah saat mengemudi di jalan dibanding pasanganmu?

Nah, anggapan soal pria lebih baik dalam kemampuan menavigasi ini nampaknya sedikit terbukti. 

Dikutip dari Men’s Health, dalam penelitian yang diterbitkan di Memory & Cognition, saat berkendara di lingkungan yang sudah dikenal, pria lebih suka mencari jalan pintas untuk mencapai tujuan lebih cepat. 

Sementara perempuan cenderung menggunakan rute yang sudah mereka tahu.

Karena itu, pemimpin penelitian Alexander Boone, menyimpulkan bahwa pria lebih efisien dibandingkan perempuan untuk mencapai tujuan mereka.

Hasil ini muncul setelah dua percobaan. 

Pertama, peneliti menguji 68 orang tentang seberapa baik mereka dapat menempuh jalur labirin terkomputerisasi setelah sedikit memelajarinya. 

Para peserta juga ditanya tentang metodologi mereka untuk navigasi, keyakinan mereka tentang kemampuan untuk menavigasi, dan seberapa sering mereka bermain video game.

Uji coba kedua, peneliti menggunakan versi labirin berbeda—dengan dan tanpa latar belakang landmark

Dalam studi terungkap, rata-rata pria sering mengambil jalan pintas guna mencapai tujuan mereka lebih cepat, dibandingkan perempuan yang lebih suka mengikuti rute yang sudah dipelajari.

Namun perlu diketahui, beberapa perempuan di studi ini juga memiliki kemampuan navigasi baik seperti peserta pria.

"Secara keseluruhan, penelitian kami menunjukkan perbedaan jenis kelamin dalam efisiensi navigasi sangat besar, dan sebagian terkait dengan strategi navigasi," ungkap Boone.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X