Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/05/2018, 12:00 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Pemakaian toner atau penyegar merupakan bagian penting dari rutinitas skincare sehari-hari. Bukan hanya menyegarkan, tapi toner juga bisa membuat kulit terlihat glowing.

Manfaat dari toner adalah melembabkan, menyegarkan, mengecilkan pori, dan juga mengembalikan kadar keseimbangan pH kulit.

Fungsi menyeimbangkan kembali kadar pH sangat penting. Setelah kita mencuci muka dengan sabun, keseimbangan pH kulit akan terganggu.

Akibatnya kulit bekerja keras untuk menyeimbangkannya lagi sehingga produksi minyak lebih banyak. Memakai toner akan menghentikan proses tersebut.

Toner yang saat ini beredar di pasaran kebanyakan juga mengandung humektan sehingga mengikat kelembaban di kulit. Pemakaian layer juga akan menambah lapisan perlindungan dari paparan eksternal.

Pemakaian toner secara rutin akan membuat tekstur kulit menjadi lebih lembab dan segar.

Tipe kulit

Kunci untuk menemukan toner yang tepat diawali dengan mengetahui tipe kulit dan kebutuhan kulit kita.

Kulit yang berminyak dan porinya rentan tersumbat akan cocok memakai toner eksfoliasi atau balancing toner. Produk ini juga bisa menyamarkan bekas jerawat

Sementara kulit kering atau kombinasi membutuhkan toner dengan kandungan pelembab dan menghidrasi kulit.

Bila kamu memiliki kulit sensitif, pilihlah produk dengan tambahan seperti aloe vera yang bisa menenangkan kulit dan mengurangi inflamasi.

Hindari toner yang mengandung alkohol agar kulit tidak semakin kering dan sensitif.

Walau begitu, pemilik kulit berminyak mungkin akan mendapat manfaat dari efek agak mengeringkan dari kandungan alkohol.

Jika kamu mencari produk toner yang praktis untuk siang hari, pilih yang berbentuk spray. Produk ini dapat di pakai sebelum atau setelah berdandan untuk memberi efek cerah secara instan sekaligus melembabkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com