Kompas.com - 25/05/2018, 07:27 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Biasanya bau mulut akan menjadi kurang sedap saat melakukan puasa. Hal ini disebabkan oleh keadaan mulut yang tidak dimasuki makanan atau minuman selama beberapa waktu.

Karena nyatanya, makanan dan minuman yang beraroma akan membuat mulut berbau lebih segar dan wangi. Lalu bagaimana mengatasinya?

American Dental Association menyarankan tiap individu untuk menyikat gigi dua kali sehari, dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Hal tersebut merupakan aturan standar dan wajib untuk dilakukan sehari-hari.

Nah, dengan kasus yang sedikit berbeda, sikat gigi saat puasa bisa dilakukan sebelum tidur di waktu setelah berbuka, dan setelah menyantap hidangan sahur. Keduanya bisa dilakukan pada saat di mana kita boleh makan dan minum.

Saat menyikat gigi, upayakan menghilangkan sisa makanan, plak, dan aroma tidak sedap pada mulut.

Banyak yang menjadikan alasan puasa untuk tidak menyikat gigi karena takut batal. Sayangnya, hal itu jelas salah dah berbahaya jika dilakukan terus menerus.

Jika sering tidak sikat gigi saat puasa, bakteri dan kotoran sisa makanan sahur dan berbuka bisa memecah enamel gigi dan menyebabkan rongga kecil tak terlihat.

Lama kelamaan, sisa makanan tersebut akan berubah menjadi plak yang mengeras menjadi karang gigi, sehingga lebih sulit dan susah untuk membersihkannya selama puasa.

Baca juga: Tips Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Tips menjaga kebersihan gigi saat puasa

Selain menyikat gigi, American Dental Association menyarankan untuk melakukan perawatan sedikit lebih ekstra untuk menjaga kebersihan gigi saat puasa. Kita juga bisa menambahnya dengan membersihkan gigi menggunakan benang gigi atau floss, dan obat kumur. Yuk simak tips-tipsnya berikut ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.