Aktivitas yang Perlu Dihindari Saat Bangun Pagi

Kompas.com - 25/05/2018, 11:47 WIB
Ilustrasi bangun pagi Nattakorn ManeeratIlustrasi bangun pagi

KOMPAS.com- Apa yang kita lakukan saat bangun pagi bisa memengaruhi aktivitas sepanjang hari. Untuk menjalani hari dengan positif dan bersemangat, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat bangun pagi.

  1. Mematikan alarm dan tidur lagi beberapa menit

Beberapa menit tambahan untuk memejamkan mata tidak berguna sama sekali, sebaliknya malah membuat tambah lelah.

Tidur beberapa menit setelah dibangunkan alarm justru mengacaukan REM karena membuat siklus tidur baru lalu bangun dengan cepat. Hal ini bisa membuat kita menjadi lemas, pusing, dan perasaan tidak enak saat bangun tidur.

  1. Langsung minum kopi

Kopi berkafien dapat mengganggu produksi kortisol alami tubuh, ritme sirkadian normal, dan membuat lebih gelisah setelah meminumnya.

Tubuh menghasilkan hormon kortisol (yang juga dikenal sebagai hormon stres) paling banyak antara pukul 6 dan 10 pagi—dan terutama antara 8 dan 9 pagi.

Minum kopi justru disebut membuat kortisol menurun, dan membuat manfaat kafein tidak terasa. Parahnya lagi, kita bisa kecanduan kafein.

Lebih baik mulai minum kopi pukul 10 pagi saat hormon kortisol menurun secara normal.

  1. Membereskan tempat tidur

Bagaimana membereskan tempat tidur mungkin bisa menjadi masalah? Itu semua karena tungau debu. 

Makhluk ini menyebabkan batuk, bersin, dan mata gatal, serta memperburuk gejala asma. 

Tungau debu juga menyukai kondisi yang hangat dan lembab yang diproduksi di bawah selimut pada malam hari. Membereskan tempat tidur sesaat setelah kita bangun justru membuat mereka tetap hangat dan nyaman. 

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X