Kompas.com - 28/05/2018, 07:00 WIB
Ilustrasi perawatan wajah. ShutterstockIlustrasi perawatan wajah.

KOMPAS.com - Tabir surya memiliki banyak bentuk, mulai dari losion, krim, atau pun semprot. Walau begitu, hindari menggunakan jenis tabir surya berbentuk pil.

Belakangan ini memang beredar pil tabir surya. Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA), tidak ada pil atau kapsul yang bisa menggantikan tabir surya.

Beberapa perusahaan diketahui meluncurkan suplemen yang diklaim bisa melindungi kulit dari sinar matahari.

FDA sendiri sudah mengirimkan surat peringatan kepada perusahaan-perusahaan tersebut.

"Pil tabir surya bisa membahayakan kesehatan masyarakat karena memberi rasa keamanan palsu bahwa suplemen ini bisa mencegah paparan sinar ultraviolet, mengurangi penuaan kulit akibat matahari, atau melindungi dari kanker kulit," tulis FDA.

Salah satu perusahaan pembuat pil tabir surya, Napa Valley Bioscience, mengatakan bahwa pil yang mereka luncurkan itu sudah terbukti mellaui uji klinis bisa melindungi kulit.

"Sudah jelas bahwa sinar matahari berbahaya bagi kulit. Kami tidak memasarkan Sunsafe Rx sebagai tabir surya dan tidak mengatakan pada konsumen bahwa mereka tidak perlu perlindungan lain dari sinar matahari. Setiap orang harus berhati-hati terhadap paparan sinar matahari," kata perwakilan farmasi ini seperti dikutip Time.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

FDA sendiri mengatakan terus melakukan riset dan kebijakannya terkait zat aktif dalam tabir surya konvensional. Hal ini terkait dengan beberapa studi terbaru yang menyebut zat ini bisa menyerap ke kulit.




Sumber Time
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.