Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/05/2018, 07:36 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Menghasilkan foto yang bagus bisa jadi jauh lebih mudah ketimbang membuat caption (keterangan) foto yang menarik dan unik. Padahal, dengan caption yang kreatif bisa mengundang orang berinteraksi dan juga memberi like.

Bila kamu termasuk orang yang sering bingung bagaimana membuat caption yang "bercerita" dan bisa membuat orang lain memberi respon, simak beberapa tips berikut ini:

1. Buat caption dengan tujuan
Saat menciptakan keterangan pada foto atau video, pikirkan tentang "tujuan" di balik postingan tersebut.

Apakah kamu berusaha terhubung dengan follower? Ingin mereka melakukan tindakan tertentu setelah membaca atau melihat postingan kamu? Atau karena kamu ingin berbagi tentang diri kamu pada follower?

Memikirkan alasan utama mengapa kamu membuat postingan itu adalah langkah awal untuk menciptakan keterangan foto yang bisa menghasilkan rasa keterlibatan.

2. Pancing percakapan
Sesekali buatlah caption yang memancing respon diskusi atau percakapan. Misalnya, dari pada hanya menulis "Cappucino iced adalah favoritku", kamu bisa mengubahnya menjadi "Aku suka banget cappucino iced saat musim panas. Apa minuman favoritmu di siang yang terik ini?"

Pertanyaan yang terbuka adalah pemancing percakapan yang efektif dari pada pertanyaan "iya" atau "tidak".

3. Ajakan untuk melakukan tindakan
Ajakan agar pengikut kita melakukan sesuatu tindakan adalah cara lain untuk mendorong keterlibatan. Misalnya saja kita mengajak pengikut untuk membaca tulisan terbaru di blog atau menjawab pertanyaan.

Walau begitu, jangan terlalu sering mengajak pengikut kita melakukan sesuatu karena orang bisa bosan.

4. Nilai lebih
Gunakan keterangan foto untuk memberi informasi, memancing tawa, atau berbagai inspirasi. Memberi nilai lebih pada mereka akan mendorong mereka memberi balik.

5. Pikirkan orang lain
Cara paling tepat untuk mendapat respon dari postingan kita di media sosial adalah membayangkan diri kita ada di posisi mereka.

Beberapa pertanyaan ini bisa membantu kita, misalnya, apakah pengikut saya akan peduli? Apa yang akan saya pikirkan kalau ada postingan seperti ini di lini masa saya? Apakah keterangan foto ini merefleksikan diri saya?

6. Jadi diri sendiri
Hindari keinginan untuk bersaing dan menonjol. Jadilah diri sendiri dan buatlah postingan yang menggambarkan diri kita.

7. Buat cerita
Cara terbaik untuk menciptakan keterlibatan dan respon di media sosial adalah dengan bercerita. Berbagi tentang tantangan, anekdot, atau cerita yang berkaitan dengan pengikut kita.

Menceritakan sebuah cerita juga membantu kita menunjukkan kepribadian dan menciptakan hubungan yang lebih nyata dengan follower.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com