Kompas.com - 31/05/2018, 14:16 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kekurangan vitamin saat puasa umumnya akan menimbulkan gejala yang memengaruhi bagian tubuh tertentu.

Karena pada dasarnya, vitamin adalah nutrisi organik yang sangat penting untuk kesehatan dan fungsi normal sel-sel metabolisme tubuh.

Saat kekurangan vitamin, kita mungkin tidak terkena penyakit, tapi bisa mengalami fungsi tubuh yang terganggu. Apa saja tandanya? Berikut ini adalah ciri dan gejala tubuh yang kurang vitamin.

1. Penglihatan menurun adalah ciri tubuh kekurangan vitamin A

Banyak yang tidak sadar kalau tubuh sedang kekurangan vitamin A. Terlebih lagi, gejala seperti penglihatan yang kabur, kulit kering dan sesak napas, dirasa umum bagi yang sedang menjalankan puasa.

Padahal ciri serta gejala tersebut bisa menjadi salah satu indikasi bahwa tubuh perlu dan kurang vitamin saat puasa.

Kita bisa memperoleh vitamin A saat sahur dan berbuka dengan mengonsumsi sayuran yang berwarna cerah seperti wortel, sayur sawi, makan telur, minum susu dan bahkan mengonsumsi suplemen vitamin A anjuran dari dokter.

Baca juga: 7 Manfaat Kantong Teh Celup Bekas untuk Mata

2. Rambut rontok dan diare menjadi tanda kurang mineral zinc

Ilustrasi rambut rontokzneb076 Ilustrasi rambut rontok
Pernahkah saat puasa mengalami kerontokan rambut, diare, atau indra pengecap jadi berkurang ketajamannya? Bisa jadi itu merupakan ciri tubuh kekurangan mineral zinc atau seng.

Zinc sangat dibutuhkan tubuh ketika puasa untuk membantu mengatur nafsu makan, mengurangi tingkat stres, dan memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Halaman:
Sumber


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.