Kompas.com - 31/05/2018, 17:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Kita pasti pernah merasa canggung berada di sebuah pesta atau acara yang sebagian besar tidak kita kenal atau pun gugup menghadapi wawancara kerja.

Situasi lain yang bisa bikin kita bingung harus bersikap seperti apa adalah berinteraksi dengan ibu-ibu di sekolah anak.

Situasi tersebut terjadi sehari-hari. Namun, sebagian besar dari kita bisa menghadapinya dan baik-baik saja. Tapi, ada beberapa orang yang tidak bisa berada dalam situasi tersebut.

Bagi orang yang memiliki gangguan kecemasan sosial atau bisa disebut juga fobia sosial, membuat obrolan singkat, menjaga kontak mata, atau bahkan memesan makanan di restoran, bisa membuat mereka berkeringat dingin.

Fobia sosial bisa dikatakan mirip dengan sifat pemalu yang ekstrem. Kondisi ini nyata dan diperkirakan dialami 7 persen orang dewasa di Amerika Serikat.

"Ini adalah rasa takut yang menetap bahwa ia akan melakukan sesuatu yang memalukan," kata Adam Gonzalez, PhD, direktur Mind Body Clinical Research Center.

Orang dengan kondisi fobia sosial ini bisa mengalami serangan panik dalam kondisi yang membuat mereka gelisah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Tipe Introvert atau Ekstrovert Dilihat dari Kebiasaan di Media Sosial

Sebaliknya dengan sifat pemalu atau introvert, yang merupakan ciri kepribadian saat seseorang merasa canggung atau khawatir dalam situasi sosial tertentu.

IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi
Hampir setiap orang memiliki sifat pemalu dalam tingkatan tertentu. Biasanya, orang yang introvert memilih berinteraksi dengan beberapa orang saja dari pada bersosialisasi di kelompok besar.

Namun, hal itu adalah karena pilihan, bukan karena rasa takut. "Mereka mungkin tidak menikmati berada di keramaian, tapi mereka tidak cemas," kata psikolog Ramani Durvasula PhD.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.