Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harry dan Meghan Kembalikan Hadiah Pernikahan Senilai Rp 129 Milliar

Kompas.com - 31/05/2018, 19:32 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Istana Kensington menerima banyak hadiah dan bingkisan untuk Pangeran Harry dan Meghan Markle saat perkawinan mereka.

Hadiah tersebut datang dari berbagai perusahaan dan selebriti dunia.

Dilansir dari laman Mirror, pengantin baru ini mengirimkan kembali ratusan hadiah pernikahan yang bernilai lebih dari 7 juta pondsterling atau Rp 129 milliar.

Para pembantu kerajaan berusaha mencegah perusahaan menggunakan Duke dan Duchess of Sussex ini untuk mempopulerkan produknya.

Salah satu perusahaan yang memberi hadiah tersebut adalah Bags of Love.

Bags of Love merupakan perusahaan pembuat pakaian renang costum.  Mereka dilporkan memberi Pangeran Harry dan Meghan sebuah bikini dan baju renang yang indah.

Namun berdasarkan laporan laman Express, perusahan tersebut memberi hadiah dengan harapan pengantin baru ini akan memakainya saat bulan madu.

Istana Kensington memiliki aturan resmi yang ketat terkait penerimaan hadiah dari perusahaan.

Berdasarkan aturan, Anggota Kerajaan hanya bisa menerima hadiah dari perusahaan yang tidak memiliki tujuan komersial.

Pihak Istana mengatakan tidak mungkin mereka menolak hadiah dari bisnis atau perusahaan.

Namun, Anggota Kerajaan Inggris harus menolak semua hadiah yang ditawarkan oleh individu  yang tinggal di Inggris dan tidak dikenal secara pribadi oleh Anggota Keluarga Kerajaan.

Alasannya, ada kekhawatiran tentang kepatutan atau motif dari pemberi atau hadiah itu sendiri.

Sebelum pernikahan berlangsung, Meghan dan Pangeran Harry secara khusus meminta kepada penggemarnya untuk tidak memberi hadiah.

Pengantin baru ini justru menyarankan mereka agar menyumbang ke badan amal terpilih yang memperjuangkan isu-isu yang dekat dengan hati mereka.

Baca juga: Walau Tak Diundang, Trump Kirim Hadiah Sumbangan ke Harry-Meghan

Beberap tokoh dunia, seperti Justin Trudeau, Donald Trump dan Perdana Menteri Selandia Baru juga memberi hadiah dalam bentuk sumbangan atas nama pasangan ini.

Justin Trudeau mengumumkan bahwa Kanada menyumbang sebesar 50.000 dolar atau Rp 706 juta kepada Jumpstart, yayasan olahraga yang berfokus pada pemuda.

Presiden Selandia Baru, Jacinda Ardern, juga mengatakan kepada wartawan bahwa Selandia Baru memberikan sumbangan sebesar 5.000 dolar atau Rp 70 juta.

Donald Trump dan sang istri juga tak ketinggalan memberi sumbangan untuk salah satu dari tujuh badan amal yang telah ditunjuk oleh pasangan kerajaan sebagai pengganti hadiah.

Masih banyak lagi tokoh-tokoh dunia yang memberi hadiah untuk sejoli ini. Untuk selengkapnya, simak artikel berikut Hadiah Pernikahan Harry dan Meghan, Ada Banteng, Koala, dan Korek Api.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com