Kompas.com - 31/05/2018, 22:00 WIB
Ilustrasi seafood FudioIlustrasi seafood

KOMPAS.com - Sudah banyak diketahui bahwa ikan adalah sumber protein, vitamin D, dan asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung.

Namun, ternyata ada manfaat lain dari ikan, yakni bisa memerbaiki kehidupan seksual, bahkan membuat seseorang perempuan lebih cepat hamil.

Hasil itu terungkap dari sebuah studi terbaru The Harvard T.H. Chan School of Public Health.

Dalam studi itu, ada 501 pasangan yang mencoba mencatat asupan makanan laut (seafood) mereka pada sebuah jurnal selama empat tahun.

Makanan laut yang dicatat termasuk ikan dan kerang.

Mereka juga mencatat berapa banyak hubungan seksual selama periode tersebut.

Para peneliti terus mengikuti para responden selama beberapa tahun, atau hingga mereka hamil.

Baca juga: Simaklah, Tips Berpuasa bagi Ibu Hamil

Studi menemukan bahwa 92 persen wanita yang mengonsumsi lebih banyak ikan laut dan kerang (lebih dari dua kali seminggu) hamil di akhir tahun.

Pria maupun wanita yang mengonsumsinya lebih dari delapan kali sebulan, bahkan memiliki tingkat kesuburan 22 persen lebih tinggi.

Namun, para peneliti belum sepenuhnya meyakini bahwa ikan-ikan laut dan kerang tersebut lah yang membuat subur.

Halaman:


Sumber menshealth
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X