Kompas.com - 01/06/2018, 12:00 WIB
Mencoba makanan baru RawpixelMencoba makanan baru

KOMPAS.com - Bulan Ramadhan sudah dilalui hampir dua minggu. Pada saat ini, meski tubuh sudah beradaptasi dengan pola makan dan pola tidur, tetapi jangan lengah menjaga kesehatan.

Agar tubuh tetap bugar selama berpuasa, apalagi bagi yang sebentar lagi akan melakukan perjalanan jauh untuk mudik, simak tips menjaga kesehatan berikut ini.

1. Jaga tubuh tetap terhidrasi

Minum air dalam jumlah yang cukup di malam hari sangat penting selama bulan Ramadhan, apalagi bagi mereka yang harus melalui bulan ramadhan dalam cuaca panas.

Yasmin Badiani, seorang fisioterapis, merekomendasikan mereka yang berpuasa agar minum setidaknya delapan gelas air di antara berbuka dan sahur.

"Hindari minuman berkafein karena memiliki sifat diuretik dan meningkatkan kehilangan air melalui urin," paparnya.

"Minuman bersoda juga bukan sumber hidrasi yang baik, karena seringkali memperlambat proses pencernaan," tambahnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menambahkan zat elektronik dalam asupan air dapat membantu memulihkan cadangan vitamin tubuh.

Baca juga: 4 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin Saat Sedang Puasa

2. Hindari gorengan

Ketika menghabiskan sepanjang hari tanpa makanan, kita seringkali tergoda untuk menikmati makanan cepat saji saat berbuka.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X