Kompas.com - 04/06/2018, 15:36 WIB

KOMPAS.com - Berburu baju baru biasanya dilakukan menjelang Lebaran. Hal ini merupakan salah satu ungkapan syukur di hari istimewa.

Seperti apa baju Lebaran yang jadi buruan?

Tren baju Lebaran dari masa ke masa berbeda, tergantung tren busana saat itu. Ingin tahu seperti apa tren busana Lebaran pada era 1970-an hingga 2000-an? 

Dekade 1970-an: Tradisional dan simple

Kebaya masih merajai model busana kaum hawa pada Lebaran di era 1970-an.

Meski demikian, perempuan pada era ini telah memodifikasi kebayanya menjadi lebih modern.

Seperti diberitakan Harian Kompas, 26 Agustus 1976, tren busana pada tahun 1970-an mengusung tema yang lebih berani dari sisi warna.

Baca juga: Tren Busana Muslim Millenial, Gemar Mix & Match Pakaian

Misalnya, menggunakan warna-warna gelap pada siang hari. Warna-warna itu di antaranya, hitam-putih, biru tua, merah hati (marun), dan abu-abu.

Kebaya pada zaman ini juga sudah dimodifikasi sedemikian rupa, seperti menggunakan lengan pendek dan tidak harus memakai kain jarit sebagai bawahan.

 *** Local Caption *** Ine Subiyanto keluar sebagai Ratu Kebaya 1971 mengalahkan 25 finalis Kontes yang diselenggarakan Buena Ventura ini diselenggarakan di Miraca Sky Club.
Pemenang lainnya Anie Setyawati, Ny.Dahliati dan Soesilawati. 
Judul Amplop: Kebaya
Pat Hendranto *** Local Caption *** Ine Subiyanto keluar sebagai Ratu Kebaya 1971 mengalahkan 25 finalis Kontes yang diselenggarakan Buena Ventura ini diselenggarakan di Miraca Sky Club. Pemenang lainnya Anie Setyawati, Ny.Dahliati dan Soesilawati. Judul Amplop: Kebaya
Tren busana pada dekade ini juga lebih menekankan pada kesan simple nan elegan.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.