Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memilih Sepatu yang Tepat untuk Olahraga Angkat Beban

Kompas.com - 05/06/2018, 13:00 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kita mungkin seringkali memakai satu jenis sepatu yang sama apa pun jenis olahraganya.

Padahal, kebiasaan itu tidak tepat karena bisa beresiko cidera. Demikian juga halnya dengan olahraga angkat beban yang tidak boleh sembarangan memakai sepatu.

Terapis fisik di Kansas, Misouri dan Founder SquatUniversity.com, Aaron Horschig, D. P.T., C.S.C.S., berbagi tips memilih sepatu olahraga yang tepat untuk latihan beban.

1. Sneakers

Sol sepatu yang nyaman ideal untuk melakukan lari jarak jauh, namun sedikit menyulitkan saat kita ingin menekankan tumit ke lantai. Dalam melakukan olahraga beban, hal itu penting untuk stabilitas, tenaga dan aktivasi otot.

Sneaker lari bisa dipakai untuk olahraga beban. Namun, gunakanlah sepatu jenis ini untuk mengangkat beban yang ringan atau saat melakukan cross-training.

Baca juga: Pengulangan atau Beban, Mana yang Efektif Membentuk Otot?

2. Tanpa sepatu

Saat kaki kita terkontak langsung dengan lantai, kita akan menggunakan lebih banyak otot. Itulah mengapa sensor tumit (proprioceptor) akan memperhalus tekanan sejajar tersebut. Berolahraga beban akan lebih baik tanpa alas kaki ketimbang menggunakan sneakers. Gunakanlah kaos kaki yang memiliki permukaan dasar mencengkram. Seperti Pedestal 2.5.


3. Converse trainer.

Sol sepatu yang tipis dan datar mampu membuat kaki kita dekat dengan lantai dan membantu menyebarkan tenaga secara merata. Sepatu dengan kerah tinggi seperti sepatu Converse (atau sejenisnya) akan menambah dukungan dari mata kaki. Membuat sepatu jenis ini cenderung lebih baik untuk digunakan saat olahraga angkat beban.

4. Sepatu khusus angkat beban

Sebuah studi terbaru menemukan bahwa sepatu dengan tumpukan tumit yang keras juga akan membantu saat kita berada pada posisi lutut menekuk atau squat.

Untuk angkat beban tingkat olimpiade, tentunya kamu membutuhkan sepatu angkat beban, seperti NoBull Lifters.

Jadi, mana yang akan kamu pilih?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com