Kompas.com - 05/06/2018, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Kita mungkin seringkali memakai satu jenis sepatu yang sama apa pun jenis olahraganya.

Padahal, kebiasaan itu tidak tepat karena bisa beresiko cidera. Demikian juga halnya dengan olahraga angkat beban yang tidak boleh sembarangan memakai sepatu.

Terapis fisik di Kansas, Misouri dan Founder SquatUniversity.com, Aaron Horschig, D. P.T., C.S.C.S., berbagi tips memilih sepatu olahraga yang tepat untuk latihan beban.

1. Sneakers

Sol sepatu yang nyaman ideal untuk melakukan lari jarak jauh, namun sedikit menyulitkan saat kita ingin menekankan tumit ke lantai. Dalam melakukan olahraga beban, hal itu penting untuk stabilitas, tenaga dan aktivasi otot.

Sneaker lari bisa dipakai untuk olahraga beban. Namun, gunakanlah sepatu jenis ini untuk mengangkat beban yang ringan atau saat melakukan cross-training.

Baca juga: Pengulangan atau Beban, Mana yang Efektif Membentuk Otot?

2. Tanpa sepatu

Saat kaki kita terkontak langsung dengan lantai, kita akan menggunakan lebih banyak otot. Itulah mengapa sensor tumit (proprioceptor) akan memperhalus tekanan sejajar tersebut. Berolahraga beban akan lebih baik tanpa alas kaki ketimbang menggunakan sneakers. Gunakanlah kaos kaki yang memiliki permukaan dasar mencengkram. Seperti Pedestal 2.5.


3. Converse trainer.

Sol sepatu yang tipis dan datar mampu membuat kaki kita dekat dengan lantai dan membantu menyebarkan tenaga secara merata. Sepatu dengan kerah tinggi seperti sepatu Converse (atau sejenisnya) akan menambah dukungan dari mata kaki. Membuat sepatu jenis ini cenderung lebih baik untuk digunakan saat olahraga angkat beban.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.