Ini Trik Lebaran Tetap Tenang Tanpa Mengganggu THR

Kompas.com - 06/06/2018, 15:35 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Tunjangan Hari Raya alias THR, salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu saat bulan Ramadhan sudah datang.

Namun, karena satu dan lain hal, terkadang THR tidak turun seperti yang sudah Anda harap dan perhitungkan sebelumnya.

Jangan kecewa, simpan THR Anda untuk tabungan saja dan coba trik dari Cashbac ini agar Lebaran tetap tenang tanpa perlu kepikiran THR kurang:

1. Siapkan keperluan lebaran
Sudah menjadi rahasia umum jika saat menjelang hari raya tiba harga kebutuhan pokok akan naik, bahkan hampir menjadi dua kali lipat.

Sebelum telat, tidak ada salahnya Anda untuk mempersiapkan kebutuhan untuk keperluan lebaran nanti dari sekarang mulai dari kue kering hingga angpao, sehingga tidak perlu terbebani lagi saat hari kemenangan sudah hampir datang.

Baca juga: Para Ibu, Ini 10 Cara Cerdas Mengatur Keuangan

2. Kurangi jajan selama Ramadhan
Tanpa disadari, bulan puasa justru akan membuat Anda menjadi lebih sering jajan di luar. Entah itu untuk membeli takjil atau justru makanan untuk sahur, moment Ramadhan memang akan membuat banyak jajanan baru yang akan bermunculan.

Di sini lah Anda harus menahan diri untuk melakukan pengeluaran tambahan, meskipun nominalnya tidak besar namun jika frekuensinya dalam jumlah yang banyak tetap akan menjadi sesuatu yang besar.

3. Jangan terlalu sering bukber
Sebelum Ramadhan datang pasti yang ada di pikiran Anda adalah pengeluaran yang akan menjadi lebih hemat karena berkurangnya makan di luar.

Namun, pada kenyataannya hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar, karena meski pun Anda akan menghemat makan siang akan tetapi ajakan untuk buka bersama akan banyak bermunculan.

Hal ini yang akan membuat pengeluaran justru akan semakin bertambah. Tidak ada salahnya untuk memilih mana ajakan yang bisa Anda ambil dan yang harus untuk ditolak.

Baca juga: Tips 5 Menit Bijak Merencanakan Penggunaan THR untuk Milenial

4. Cari promo
Tidak dapat dipungkiri memang Anda akan lebih sering menghabiskan waktu untuk berbuka puasa di luar rumah, entah itu karena jam aktifitas yang tidak memungkinkan untuk berbuka di rumah ataupun memang jarak yang terlalu jauh sehingga membutuhkan waktu tempuh yang lama.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengakali hal tersebut dengan memilih tempat berbuka yang memiliki promo setiap Anda melakukan transaksi. Hal ini harus Anda coba karena secara tidak langsung pengeluaran Anda akan semakin berkurang.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X