Kompas.com - 07/06/2018, 15:25 WIB

KOMPAS.com - Bicara tentang sajian pembuka untuk berbuka puasa, memang banyak macam dan variasinya.

Tetapi, bagi penggemar makanan tradisional, tidak lengkap rasanya kalau tidak mencicipi sajian kolang-kaling sebagai takjil.

Tidaklah heran jika setiap Bulan Ramadhan tiba, angka penjualannya kolang kaling bahkan meningkat sampai 100 persen.

Minuman kolang kaling siap minum.Dok Mustika Ratu Minuman kolang kaling siap minum.
Tidak sekedar enak menjadi sajian manis, ternyata buah yang berasal dari pohon yang memiliki nama ilmiah Arengga pinnata ini memiliki kandungan serat dan vitamin C.

Kandungan gizi lain dalam buah ini adalah protein, karbohidrat, dan air.

Itu sebabnya saat berbuka puasa, minuman kolang-kaling bisa menjadi pilihan untuk pelepas dahaga dan mengembalikan energi tubuh.

Di era globalisasi ini, beberapa industri makanan membuat minuman kolang-kaling siap minum. Yang baru diluncurkan adalah produksi Mustika Ratu.

"Minuman ini mengandung kolang-kaling natural 100 persen dengan kemasan yang praktis dan nyaman dibawa ke mana-mana," kata Junior Product Manager Jamu Mustika Ratu, Tika Sumarya.

Ia mengatakan, sejak diluncurkan pada Juni 2017, permintaan akan minuman ini meningkat sampai 40 persen. "Produk ini berkontribusi pada 7 persen pendapatan Mustika Ratu di bidang kesehatan," katanya.

Selain di Indonesia, menurut Tika minuman ini juga dipasarkan di beberapa negara seperti Hongkong dan Kanada.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.