Kompas.com - 08/06/2018, 06:06 WIB
Editor Wisnubrata

 

KOMPAS.com - Pola berpikir yang salah merupakan penyebab kenapa banyak orang terjebak dalam kebiasaan gila kerja ketika mereka ingin mencoba untuk rehat sejenak dari pekerjaanya. 

Meski kerja lebih sering dianggap baik dan bahkan dihargai, namun orang yang bekerja di luar batas normal akan mendapati berbagai masalah. 

Lantas, pola pikir seperti apa yang membuat banyak orang jadi gila kerja (workaholic) dan bagaimana cara mengatasinya? 

1. Selalu menunggu “waktu yang tepat”

Ilustrasi bekerjaCreativaImages Ilustrasi bekerja
Kebanyakan orang yang gila kerja menunda mengambil cuti kantor atau sekadar beristirahat dari setumpukan tugas yang mencekik karena merasa belum waktunya.

Sayangnya, waktu yang tepat tersebut tak pernah datang. Alih-alih mendapatkan waktu yang pas, kita justru selalu mendapatkan proyek atau tugas tambahan yang mendorong untuk terus bekerja lebih lama.

Solusi: Daripada berharap waktu yang tepat datang menghampiri, cobalah untuk berani bersikap.

Beberapa orang percaya bahwa beristirahat akan membuat pekerjaannya menumpuk. Sementara beberapa orang lain takut untuk kehilangan kesempatan emas ketika mereka berhenti bekerja.

Jika kamu tipe yang takut kehilangan kesempatan emas saat berhenti bekerja, cobalah berpikir bahwa melewatkan beberapa peluang bukanlah sebuah kesalahan yang fatal.

Tidak apa mundur satu langkah untuk lompatan yang lebih jauh. Ingatlah selalu bahwa ketika mundur, kamu akan melompat pada peluang yang sangat besar untuk posisi yang lebih baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.