Tidak Menikmati Pekerjaan Bahayakan Kesehatan di Kemudian Hari

Kompas.com - 08/06/2018, 09:09 WIB
Ilustrasi pekerjaan imtmphotoIlustrasi pekerjaan
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Apakah kamu merasa puas pada pekerjaanmu saat ini? Jika tidak puas dengan pekerjaan, kamu harus waspada dan memperhatikan kesehatan.

Sebuah studi menyatakan bahwa tidak puas dengan pekerjaan bisa membahayakan kesehatan di usia yang akan datang. Pernyataan ini datang dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Ohio State University.

Dalam penelitian ini, para ahli mengumpulkan pendapat dan data dari 6.400 pekerja pria maupun wanita dengan rentang usia antara 25 hingga 39 tahun.

Semua peserta penelitian diberi pertanyaan terkait pekerjaannya ketika mereka berumur 20 tahunan. Peserta diminta menilai terkait rasa kepuasannya terhadap pekerjaan yang ia lakukan saat itu.

Lalu, pada akhir penelitian terdapat empat kelompok pekerja, yaitu 45 persen menyatakan tidak puas dengan pekerjaan, 15 persen puas, 23 persen merasa kepuasannya semakin menurun seiring dengan berjalannya waktu, dan 17 persen lainnya merasa pekerjaan yang dilakukan sekarang ini dapat memuaskan mereka.

Selain itu, diketahui juga bahwa kelompok pekerja yang memiliki tingkat kepuasan rendah terhadap pekerjaannya ternyata cenderung mengalami depresi, masalah tidur, serta gangguan kecemasan.

Hal ini menyebabkan mereka rentan terserang berbagai penyakit lain akibat gangguan kesehatan mental yang dialami.

Baca juga: Hati-hati, Stres dengan Pekerjaan Ganggu Hidupmu, Apa Solusinya?

Mengapa tidak puas dengan pekerjaan bisa berbahaya pada kesehatan kelak?

Sebenarnya hal ini lebih berkaitan dengan kesehatan mental. Rasa tidak puas dengan pekerjaan muncul akibat berbagai hal yang kemudian menyebabkan seseorang mengalami tekanan dan stres.

Apabila stres tidak diatasi dan direspons dengan baik, bukan tidak mungkin hal tersebut semakin memperburuk kesehatan.

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X