BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Unilever

Berbagi di Bulan Ramadhan, Perhatikan Dulu 3 Panduan Ini

Kompas.com - 08/06/2018, 16:14 WIB
Aningtias Jatmika,
Dimas Wahyu

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tujuan dari berbagi adalah meringankan beban dan membahagiakan orang lain. Hal tersebut juga dilakukan pada bulan Ramadhan ini.

Namun, berbagi juga punya manfaat lain. Sebuah studi dari University of Zurich Department of Economics pada Juli 2017 menemukan bahwa bersedekah ternyata memunculkan rasa bahagia di otak kita.

Dalam penelitian ini, kelompok yang ditugaskan untuk bersedekah memperlihatkan aktivitas otak yang jauh lebih positif dan bahagia, ketimbang mereka yang menggunakan uang untuk kebutuhan diri sendiri.

Melihat manfaatnya yang besar, baik untuk orang lain maupun diri sendiri, tak heran rasanya jika umat Muslim diperintahkan untuk rajin bersedekah atau berbagi, terlebih pada bulan suci Ramadhan.

Nilai manfaat ini tentu akan semakin terasa jika donasi Anda diberikan secara jelas dan tepat sasaran.

Sebab, masih banyak ditemui penyaluran bantuan yang tidak tepat sasaran, seperti penerima yang sesungguhnya masih merupakan golongan mampu atau donasi yang menumpuk pada satu penerima bantuan saja.

Nah, agar hal-hal tersebut tidak terjadi dan momen berbagi tetap berarti, beberapa hal ini sebaiknya dilakukan sebelum menyalurkan bantuan.

1. Cari informasi
Berbagi akan semakin bermanfaat jika tepat sasaran. Jadi, ada baiknya untuk benar-benar mengetahui calon penerima donasi dengan melakukan riset sederhana.

Jika ada beberapa pilihan, perhatikan calon mana yang paling membutuhkan atau yang tidak, bahkan belum pernah menerima donasi sebelumnya. Mereka bisa menjadi prioritas utama Anda.

Setelah menemukannya, ketahui pula apa yang paling dibutuhkan. Apakah berupa uang, barang, atau bahkan hanya tenaga Anda untuk menjadi sukarelawan, misalnya.

2. Mulai dari lingkup terkecil
Tak perlu jauh-jauh mencari calon penerima donasi. Lihatlah lebih dulu lingkungan sekitar Anda. Barangkali ada tetangga atau kerabat Anda yang juga membutuhkan bantuan.

Tak ada salahnya juga untuk mencari penerima donasi lain dalam skala yang lebih besar. Jangan ragu untuk menjadi inisiator dan mengajak teman-teman atau keluarga untuk ikut serta.

Terkadang, orang tidak tahu ke mana dan bagaimana harus berbagi. Dengan menjadi penggerak, akan semakin banyak yang ikut berpartisipasi. Tentu kegiatan ini akan semakin terasa manfaatnya.

Terlebih, mengajak orang lain dalam kebaikan juga merupakan hal yang baik, kan?

3. Jangan ditunda
Sudah menemukan calon penerima donasi yang tepat dan sudah tahu apa yang akan didonasikan? Nah, kini waktunya Anda untuk menyegerakan niat baik ini. Semakin cepat disalurkan, semakin cepat pula donasi Anda termanfaatkan.

Namun, jika masih juga bingung ke mana sebaiknya berbagi, Anda bisa mengikuti program yang telah digagas para pemberi donasi. Salah satunya lewat program 1001 Inspirasi Ramadhan dari Unilever.

Lewat kegiatan bertajuk “Belanja Berbagi”, program 1001 Inspirasi Ramadhan mengajak konsumen untuk berdonasi ke total 1001 panti asuhan di seluruh Indonesia selama 12 bulan terhitung sejak 15 Mei 2018.

Caranya, Anda hanya perlu melakukan pembelian produk dari 17 brand khusus Unilever, yakni Axe, POND’s, Sunsilk, Citra, Pepsodent, Lifebuoy, Dove, Hijab Fresh, Blueband, Royco, Bango, Sariwangi, Wall’s, Molto, Sunlight, Rinso, dan Wipol.

Nah, dari pembelian produk selama periode 5 Mei 2018−15 Juni 2018 ini, Anda turut serta memberikan donasi sebesar Rp 5 per satuan produk.

Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa mengunjungi laman https://www.1001inspirasiramadhan.com/ atau akun Instagram @1001.inspirasiramadhan.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com