Kompas.com - 09/06/2018, 13:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum kamu melakukan perjalanan mudik, dan meninggalkan rumah.

Mudik akan terasa nyaman jika memastikan semua yang ditinggalkan dalam keadaan aman.

Tak hanya rumah yang harus aman. Jika kamu juga meninggalkan hewan peliharaan, apa yang sebaiknya dilakukan dan jadi perhatian?

Drh Yunita Windy, yang praktik di sebuah klinik di kawasan Cibubur, Jawa Barat, mengatakan, tak disarankan meninggalkan hewan peliharaan seperti kucing atau anjing tanpa pengawasan lebih dari dua hari.

"Saya ga saranin sih, kalau benar-benar ditinggal. Kalau pengalaman klien saya sih aman dua hari. Saran, kalau enggak mau dititip di klinik, tetap ada yang mengawasi di rumah," ujar Yunita ketika dihubungi Kompas.com pada Jumat (8/6/2018).

Baca juga: Strategi Rumah Bersih dan Aman untuk Hewan Peliharaan 

Bagaimana jika hanya ditinggal satu atau dua hari?

Dokter Yunita mengatakan, sebaiknya hewan peliharaan dilatih untuk membuang kotoran di litter box.

Melatih hewan peliharaan membuang kotoran di litter box merupakan salah satu cara untuk menjaga kebersihan lingkungan, sehingga kesehatan hewan tetap terjaga.

Sebelum meninggalkan kucing atau anjing, pemilik sebaiknya memastikan kesehatan hewan tersebut dengan memberikan vaksin dan obat cacing secara rutin.

Mengapa hal ini perlu dilakukan?

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.