Kompas.com - 10/06/2018, 07:48 WIB
Ilustrasi menggunakan produk perawatan kulit nito100Ilustrasi menggunakan produk perawatan kulit
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sebagai bagian dari perawatan tubuh, kita pasti memahami pentingnya apa yang digunakan di tubuh kita. Termasuk apa yang kita gunakan pada kulit.

Sebab apa yang digunakan pada kulit kita akan meresap ke dalam tubuh, baik produk yang dipakai di kepala, wajah maupun bagian kulit tubuh lainnya.

Sejumlah studi menyebutkan bahwa beberapa bahan kimia yang terkandung dalam produk perawatan kulit akan memberikan dampak jangka panjang jika digunakan secara rutin.

Beberapa akibat yang mungkin muncul antara lain iritasi, gangguan endokrin, dan karsinogenik atau menyebabkan kanker.

Sebelum kamu menyingkirikan semua produk perawatan kulitmu, perhatikan lima bahan kimia yang berpotensi membahayakan ini:

1. Paraben

Paraben berfungsi sebagai pengawet dan bisa ditemukan di beberapa produk pelembab, produk rambut dan kosmetik untuk mencengah pertumbuhn bakteri dan jamur.

Namun, ternyata paraben juga bisa merusak fungsi hormon dan berpotensi meningkatkan risiko kanker payudara serta racun reproduktif.

Hal itu diungkap dari studi yang dilakukan lembaga nonprofit Cosmetics Safety Group.

Uni Eropa juga melarang Paraben pada 2012, namun Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (Food and Drug Administration) belum membuat regulasinya di Amerika.

Baca juga: Mengapa Banyak Produk Kosmetik Membatasi Penggunaan Paraben?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.