Tips Kenakan Sneaker, dari Klasik hingga High Fashion.. - Kompas.com

Tips Kenakan Sneaker, dari Klasik hingga High Fashion..

Kompas.com - 11/06/2018, 09:49 WIB
Calon pembeli mencoba sepatu yang hendak dibelinya dari salah satu lapak di ajang Sneakerpeak Vol 2 di Lippo Mall Kemang, Jakarta, Jumat (17/11/2017). Acara bagi penggemar dan kolektor sneakers ini diikuti oleh lebih dari 68 tenant dan akan berlangsung hingga Minggu, 19 November mendatang.KOMPAS.com/GLORI K WADRIANTO Calon pembeli mencoba sepatu yang hendak dibelinya dari salah satu lapak di ajang Sneakerpeak Vol 2 di Lippo Mall Kemang, Jakarta, Jumat (17/11/2017). Acara bagi penggemar dan kolektor sneakers ini diikuti oleh lebih dari 68 tenant dan akan berlangsung hingga Minggu, 19 November mendatang.

KOMPAS.com - Sneaker kini tidak lagi dipakai hanya untuk lari atau gberlatih olahraga lain, namun juga telah menjadi tren gaya sehari-hari. 

Yap, bagi pria, sneaker memiliki peran untuk menambah nilai plus pada penampilan, baik saat kasual atau ketika memakai busana formal sekali pun. 

Nah, agar tepat dan penampilan lebih maksimal, berikut tips mengenakan sneaker dari laman Dmarge yang mendapat masukan dari Robert Ferris, Head Buyer Harrolds.

1.Sneaker rules: The basic

Ilustrasi sneakersmonkeybusinessimages Ilustrasi sneakers

Tidak peduli jenis sneaker apa yang dikenakan, ada beberapa prinsip dasar yang perlu diketahui.

  • Beli sepatu yang sesuai dengan pakaian yang dimiliki saat ini: Apa gunanya membeli tren terbaru, jika tidak sesuai dengan gaya dan selera? Jangan ikut-ikut tren. Pilih sepatu yang melengkapi apa yang sudah dimiliki, bukan sepatu yang mengharuskan membeli pakaian lagi. 
  • Kenakan pada kesempatan yang tepat: Sneaker sangat serbaguna, tetapi bukan pengganti seluruh sepatu. Kamu dapat mengenakan sneaker dengan pakaian bukan formal, dan mungkin bahkan beberapa pakaian kasual. Namun itu tidak dimaksudkan untuk setiap kesempatan, misalnya ke acara yang sangat resmi.
  • Jaga kebersihannya: Tidak peduli seberapa keren sneakers, efeknya akan hilang jika tidak bersih. Perawatan sneaker yang benar termasuk mencuci tali sepatu, menghilangkan bau, menyikat outsole, dan menggunakan pelindung sepatu. 

2. Pahami tipe sneaker

Air Jordan 1, salah satu seri sneaker yang mendominasi banyak lapak di arena Sneakerpeak Kemang Vol.3 di Lippo Mall Kemang, Rabu (18/4/2018). Acara ini akan berlangsung hingga Minggu (22/4/2018).KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTO Air Jordan 1, salah satu seri sneaker yang mendominasi banyak lapak di arena Sneakerpeak Kemang Vol.3 di Lippo Mall Kemang, Rabu (18/4/2018). Acara ini akan berlangsung hingga Minggu (22/4/2018).

Sneakers punya berbagai bentuk, gaya, dan ukuran, namun memiliki beberapa aturan.  

Dengan begitu banyak pilihan yang tersedia, sulit mengetahui dengan pasti apa yang paling cocok sesuai dengan pakaian dan selera.

Namun ada penggolongan sneaker yang membantu seseorang memadupadankannya dengan gaya berpakaian. Berikut cara memahaminya. 

  • Sneaker basic. Sneaker ini umumnya seperti Converse, Vans dan lain-lain. Biasanya terbuat dari kulit, namun ada juga yang memakai kanvas dan umumnya memakai warna-warna dasar. Sneaker ini memiliki harga terjangkau dan mudah dipakai atau dibersihkan. 
  • Sneaker mewah. Sneaker ini biasanya memiliki bentuk layaknya sneaker basic, namun dengan harga lebih mahal dan sering dibuat dari suede atau kulit. Beberapa label yang kenakan seperti Tom Ford, Lanvin & Saint Laurent. Sneaker ini tidak cocok untuk dipakai ke festival musik. 
  • Sneaker klasik. Sneaker tipe ini seperti Nike Air Max 90, Reebok Pump, Asics hingga Onitsuka Tiger.
  • Sneaker masa kini. Sneaker ini biasanya dari label seperti Nike, Adidas dan Puma, namun dengan gaya dan bentuk modern.
  • Sneaker dari desainer. Sneaker ini biasanya dikeluarkan oleh label seperti Givenchy, Christian Louboutin, Maison Martin Margiela, Diemme, dan bahkan Giuseppe Zanotti. 
  • Sneaker high tech. Sneaker ini mungkin belum diakui secara universal, namun memiiki julukan “High Tech.” Sneaker ini dari beberapa seperti seperti Rick Owens dan desainer lain yang benar-benar mendorong batas desain sneaker.

3. Apa yang perlu diketahui untuk mendapatkan penampilan sneaker terbaik? 

Setelah tahu berbagai tipe sneaker, kini cocokan dengan penampilan. 

  • Sneaker basic

Sneaker Basic ClassicDok. Dmarge Sneaker Basic Classic

Converse, Chucks atau apa pun sebutannya, sneaker basic klasik biasanya menjadi sepatu kasual paling serbaguna yang bisa dibeli. 

Tipe sneaker ini pas jika dipadupadankan dengan denim panjang serta celana pendek dari berbagai warna dan siluet.

Tapi perlu dicatat, sneaker ini tidak pas digunakan sebagai pengganti sepatu formal, karena memang tidak bisa dipakai di setiap kesempatan. Pakai saat penampilan kasual atau acara-acara santai.

Padukan dengan kaus, kemeja motif kotak-kotak atau blazer. 

    • Untuk bawahan bisa dipadukan dengan dengan denim dan chino kasual, atau slim fit. 
    • Simpan untuk acara santai
    • Pastikan selalu bersih. 
    • Lebih cocok digunakan untuk pria muda.
  • Sneaker mewah

Sneaker mewahDok. Dmarge Sneaker mewah

Sneaker ini bisa dipakai dalam gaya street casual hingga smart casual tanpa menjadikan pengunannya tampak seperti remaja tanggung. Ia dapat dikenakan dengan celana bahan, denim tipis hingga chinos.

Kalau mengenakan sneaker ini, disarankan tidak memakai celana pendek, karena sepatu ini umumnya terlihat lebih tebal dibandingkan dengan sneaker berbahan dasar kanvas. 

Padukan dengan atasan yang berkelas agar kesan mewahnya tak hilang. Kaus, kemeja dan polo adalah pilihan yang bagus. Untuk tampilan maksimal, pilihlah kemeja dengan dasi tipis atau rajutan, blazer dan denim tipis.

Bila kamu baru mencobanya, lebih baik mulai dengan sneaker warna hitam, baru warna lain. Kemudian beri perhatian lebih bila sneaker itu berbahan suede, dan jangan dipakai terlalu sering. Pasangkan dengan busana lebih cerah,

  • Sneaker klasik

Sneaker olahraga klasikDok. Dmarge Sneaker olahraga klasik

Yap, sneaker ini mungkin bisa dibilang tengah ‘berjaya’. Sneaker ini biasanya penuh dengan warna. Ide dasar sneaker ini untuk melengkapi gayamu, karena itu sesuaikan dengan tampilan yang kau inginkan.

Untuk busana, pilih celana seperti denim slim fit atau tapered, kemudian kaus longgar, atau pakaian luar kasual yang memang cocok untuk sneaker ini.  Bisa juga dipadukan dengan celana pendek chino.

Kunci untuk penampilan ini adalah menjaga jangan terlalu norak, tapi juga jangan ala kadarnya. Kira-kira di antara gaya hip-hop dan kasual. 

  • Temukan gaya yang kamu suka dan jadikan sebagai dasar tampilan
  • Cocokan dengan warna yang dikenakan
  • Gulung celana saat cuaca sedikit terik
  • Sneaker masa kini 

Sneaker olahraga terkiniDok. Dmarge Sneaker olahraga terkini

Kamu bisa terlihat buruk jika salah memadukan. Sebisa mungkin, tetap dengan sneaker yang low profile, namun modis.

Jika terlalu mirip sepatu olahraga maka akan akan terlihat besar dan kurang tepat. 

Kenakan jenis ini seperti memakai sneaker klasik atau dengan tampilan lebih sporty pada akhir pekan. 

Disarankan untuk menghindari denim longgar, sebaliknya pilih chinos ramping atau sedikit elastis di bawah. Untuk atasan, bisa pilih yang sporty atau kasual seperti kaus. 

  • Hindari memakai putih dari atas ke bawah
  • Jangan memasukkan kemeja ke denim dengan sepatu ini
  • Pilih penampilan sporty sebagai pelengkap
  • Sneaker dari desainer kenamaan 

Sneaker desainer kenamaanDok. Dmarge Sneaker desainer kenamaan

Sneaker dengan harga cukup mahal ini kian hits dan rilis hampir setiap musim. 

Nah, bagaimana panduan mengenakannya? Lihat gaya Kanye West.  

Cukup dengan denim slim fit yang digulung di bagian bawah, kemudian padukan dengan kaus atau kemeja kotak-kotak terbuka.

Bisa juga tampilan seperti blazer. Untuk denim, pilih warna hitam dan kaus longgar. 

    • Kalau bisa lebih cocok dengan warna hitam, putih atau warna mute colour.
    • Pusatkan perhatian ke sneaker
    • Denim adalah pasangan terbaik
  • Sneaker High Tech, High Fashion

Sneaker High Tech High FashionDok. Dmarge Sneaker High Tech High Fashion

Enggak banyak orang berani kenakan sneaker ini, karena gaya yang dikenakan musti pas dan tidak aneh. 


Kalau kamu penasaran, pastikan untuk pilih serba hitam, dan jangan terlalu pusatkan perhatian pada sneaker, karena sneaker tipe ini sudah terlihat mencolok. 

Idealnya kita tidak ingin orang menilai kita tampil berlebihan dengan jenis ini, maka pastikan memadukan dengan pakaian yang tidak terlalu mencolok.

    • Hitam, hitam, dan lebih hitam, untuk semua pakaian dan sneaker.
    • Kenakan busana lebih panjang dan tertutup
    • Bersiap untuk dikomentari

Komentar
Close Ads X