Butuh Jasa Infal Saat Lebaran? Ini Gambaran Tarifnya di Pulau Jawa

Kompas.com - 12/06/2018, 11:52 WIB
Beautiful young woman makes cleaning the house. Girl rubs dust.Thinkstock/Choreograph Beautiful young woman makes cleaning the house. Girl rubs dust.

KOMPAS.com - Kebutuhan tenaga infal biasanya meningkat tajam selama Lebaran, karena asisten rumah tangga yang biasanya membantu urusan rumah tangga pulang ke kampung halaman.

Tenaga infal adalah tenaga tidak tetap, yang biasanya dibayar harian. Tarif yang dipatok oleh masing-masing penyedia tenaga infal di berbagai daerah pun berbeda-beda.

Berikut gambaran tarifnya, yang ditelusuri dari sejumlah situs web penyedia tenaga infal: 

Jabodetabek

Yayasan Buah Hati Permataku mematok tarif Rp 250 ribu hingga Rp 350 ribu per hari dengan pemesanan minimal sepuluh hari kerja.

Biaya administrasi yang dibebankan sebesar Rp 900 ribu, sudah termasuk biaya pengantaran tenaga kerja. Ada pula paket infal Lebaran selama satu bulan.

Baca juga: Ini Tips Pilih Pembantu Infal Saat Lebaran

Khusus untuk lima hari sebelum dan lima hari setelah Lebaran, dihitung infal khusus Lebaran dengan tarif Rp 250 ribu hingga Rp 350 ribu.

Selanjutnya, 20 hari sesudahnya dihitung gaji harian biasa sebesar Rp 85 ribu sampai Rp 100 ribu per hari.

Berbeda dengan Yayasan Buah Hati Permataku, LPK Sugesti Anugerah Permadhani memberikan tarif khusus tiga hari menjelang Lebaran.

Untuk pemesanan 10 hari sebelum Lebaran, biaya administrasi Rp 800 ribu.

Sementara, mulai H-3 Lebaran, biaya administrasi turun menjadi Rp 600 ribu.

"Untuk gaji PRT itu dari minimal Rp 170 ribu sampai Rp 200 ribu tergantung dengan pengalaman kerja si PRT dan kondisi rumah klien atau majikan," ujar Ketua LPK Sugesti Verry Michael Susanto, saat dihubungi Kompas.com, Senin (11/6/2018).

Selama masa Lebaran, kenaikan gaji tenaga infal bisa mencapai 200 persen dibandingkan pada hari biasa.

Halaman:


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X