6 Cara Mencegah Berat Badan Naik Setelah Lebaran

Kompas.com - 13/06/2018, 14:48 WIB
Ilustrasi mengatur pola makan gettyimagesIlustrasi mengatur pola makan
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Saat puasa, kita diwajibkan untuk menahan makan dan minum. Sehingga terjadinya perubahan gaya hidup, mulai dari pola makan, pola tidur, dan aktivitas sehari-hari.

Setelah puasa usai, pola makan kebanyakan orang akan kembali lagi seperti sebelumnya, makan tiga kali sehari dan tidak menahan makan lagi.

Bahkan banyak orang yang justru seperti balas dendam dengan makan yang banyak setelah puasa usai. Akibatnya berat badan naik tidak terkendali. Bagaimana mencegahnya?

Mungkin sulit menahan diri untuk tidak makan banyak setelah puasa usai. Setelah sebulan penuh berpuasa, beberapa orang merasa saatnya makan banyak tanpa pikir panjang lagi.

Terlebih lagi setelah puasa usai, hari Lebaran pun tiba dan hari libur masih panjang. Saat inilah, yang menjadi hari-hari tersulit untuk menahan diri.

Keduanya, seakan perpaduan yang pas untuk membuat berat badan mudah naik. Melihat kelezatan menu-menu khas Lebaran, tentu membuat kita ingin makan lebih banyak lagi.

Hal ini membuat kita tidak memerhatikan apa saja dan sudah berapa banyak makanan yang disantap. Menu khas Lebaran umumnya adalah makanan yang tinggi gula dan lemak. Sehingga membuat kalori yang masuk ke tubuh menjadi berlebihan.

Baca juga: Atur Waktu Makan Jadi Kunci Turunkan Berat Badan

Liburan yang masih panjang pun, membuat kita bermalas-malasan di rumah sambil ngemil kue Lebaran favorit, atau pergi ke tempat wisata sambil mencicipi berbagai makanan. Sehingga lupa untuk berolahraga.

Akibatnya kalori yang masuk ke tubuh lebih besar dibandingkan kalori yang dikeluarkan. Maka tak heran jika berat badan naik setelah puasa usai.

Bagaimana mencegah berat badan naik setelah puasa

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X