Benarkah Berat Badan Bisa Turun Dengan Makan Bawang Putih?

Kompas.com - 14/06/2018, 19:16 WIB
Ilustrasi bawang putihAmarita Ilustrasi bawang putih

KOMPAS.com - Bawang putih dikenal sebagai penyedap makanan. Tanpa bawang putih, makanan rasanya pasti kurang sedap. Sebenarnya manfaat bawang putih bukan sebatas itu saja.

Ada manfaat kesehatan dari makan bawang putih, salah satunya menurunkan tekanan darah. Itulah sebabnya bawang putih banyak dimanfaat sebagai obat herbal.

Di samping itu, penelitian menunjukkan bahwa bawang putih berpotensi membakar lemak tubuh sehingga mengurangi berat badan. Penasaran?

Selain untuk menambah kelezatan makanan, beberapa orang sengaja mengonsumsi bawang putih mentah atau suplemennya sebagai pengobatan.

Bawang putih termasuk ke dalam rempah-rempah tinggi nutrisi, tapi rendah kalori. Nutrisi yang terdapat pada bawang putih, meliputi vitamin C, vitamin B6, mangan, kalium, kalsium, selenium, zat besi, tembaga, serat dan fosfor yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bawang putih mampu mengantur kadar gula darah dalam tubuh. Rempah-rempah ini juga merangsang produksi enzim antioksidan dalam tubuh bertugas untuk mengurangi stres oksidatif sekaligus mencegah penuaan.

Baca juga: 7 Cara Menurunkan Berat Badan untuk yang Doyan Makan

Senyawa yang ada pada bawang putih, yaitu allicin dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol tinggi, terutama pada orang yang sudah memiliki hipertensi.

Manfaat gabungan antara sifat antioksidan, pengurangan kolesterol dan kolesterol jahat ini dapat mencegah penyakit jantung, dan penurunan fungsi otak seperti alzheimer dan demensia. Selain itu, makan bawang putih juga dapat menurunkan berat badan.

Ilustrasi bawang putihbelchonock Ilustrasi bawang putih
Bawang putih berpotensi menurunkan berat badan, asal…

Dilansir dari Healthy Eating, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition tahun 2011 menunjukkan bahwa bawang putih memengaruhi jumlah lemak tubuh pada tikus.

Kemudian, penelitian lain tahun 2012 menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih membantu mengurangi indeks massa tubuh (IMT) partisipan.

Namun, berat badan turun bukan semata-mata karena makan bawang putih saja. Bawang putih berpengaruh sangat kecil pada berat badan, beda dengan olahraga dan perubahan gaya hidup lainnya.

Peneliti sepakat bahwa kombinasi aktivitas fisik dan kandungan bawang putih baru akan menurunkan berat badan secara lebih ampuh.

Halaman:


Sumber

Close Ads X