Kompas.com - 17/06/2018, 20:00 WIB
. VIA THINKSTOCK.

KOMPAS.com - Pada saat periode menyusui, selain memperhatikan kecukupan gizi, ibu juga harus mewaspadai konsumsi makanan dan minuman tertentu yang dapat memberikan dampak kurang baik bagi bayi.

Dampak yang mudah terlihat pada bayi misalnya gangguan pola tidur, serta perilaku bayi yang lebih rewel dan gelisah.

Kafein yang terdapat dalam kopi, teh, dan beberapa minuman energi dalam kemasan dapat masuk ke dalam air susu ibu.

Meskipun dikatakan kafein masih aman dikonsumsi hingga 200 mg per hari atau setara dengan dua cangkir kopi, namun sebaiknya tetap dibatasi.

Demikian pula dengan konsumsi teh, maupun minuman kemasan yang mengandung kafein.

Baca juga: ?Working Mom? Masih Bisa Memberi ASI, Asalkan...

Atau, setidaknya ibu dapat mengonsumsi kafein setelah menyusui atau empat jam sebelum menyusui demi meminimalkan efeknya terhadap si kecil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adanya zat teobromin pada coklat juga dapat menyebabkan iritabilitas (bayi tampak gelisah) serta peningkatan motilitas usus bila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan oleh ibu.

Ibu menyusui juga sebaiknya menghindari konsumsi alkohol, atau setidaknya minuman beralkohol dikonsumsi setelah menyusui atau empat jam sebelum menyusui.

Mengonsumsi alkohol lebih dari dua sajian per hari secara teratur dapat memberikan efek buruk pada bayi dan dapat menyebabkan kelemahan, dan peningkatan berat badan yang tidak normal.

Baca juga: Peran Ayah dalam Keberhasilan Ibu Memberi ASI

Secara umum tidak ada pantangan bagi ibu menyusui, namun ada baiknya ibu selalu membuat catatan mengenai makanan dan minuman apa saja yang kira-kira memberikan dampak pada bayi.

Buatlah suatu food journal yang mencakup makanan dan minuman yang dikonsumsi termasuk saat mengonsumsi.

Jangan lupa untuk mencatat gejala yang diperlihatkan oleh bayi misalnya bayi menjadi gelisah dan rewel, sering terbangun dari tidur, diare, dan bahkan buang air besar berdarah.

Bawalah food journal ini ke dokter untuk mendiskusikannya lebih lanjut apakah memang makanan atau minuman dalam daftar tersebut dapat berdampak terhadap bayi.

Baca juga: Diselip di Balik Bra, Pompa ASI Ini Portabel dan Hands-free, Mau?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Meetdoctor
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.