Kompas.com - 18/06/2018, 11:00 WIB
Ilustrasi Pexel.comIlustrasi

KOMPAS.com - Memakai kacamata hitam menjadi cara gampang membuat penampilan terlihat lebih keren tanpa terlalu banyak usaha. Kacamata hitam berbingkai mini saat ini sedang tren di kalangan pecinta fashion.

Namun, ternyata kacamata gaya ini sangat tak dianjurkan oleh para dokter karena membawa dampak buruk bagi kesehatan mata. Apalagi jika kita sedang berada di daerah yang panas.

Menurut dokter mata di Blanton Eye Institute, Houston Methodist Hospital, Rahul Pandit, MD, kacamata bingkai kecil tersebut tidak memiliki fungsi optimal sebagai kacamata.

Kepada Hello Giggles ia menyampaikan, kacamata dengan bingkai kecil akan membuat cahaya lebih mudah masuk ke mata. Sementara kacamata dengan bingkai yang lebih besar akan lebih melindungi mata.

Sementara itu, Juru bicara Akademi Dokter Mata Amerika, Andrew Iwach, MD juga menyoroti cara orang-orang memakai kacamata tersebut.

Baca juga: Kacamata yang Tepat Untuk Bentuk Wajah Anda

"Mereka yang menggunakannya sebagai kacamata gaya juga cenderung menggunakannya lebih ke bawah, lebih bawah daripada hidung. Itu berarti kacamata akan semakin jauh dari mata yang membuat mata akan lebih mudah terpapar sinar ultraviolet," kata Dr. Iwach.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih lanjut, Pandit menjelaskan bahwa sinar ultraviolet A dan B yang mengenai mata bisa menyebabkan berbagai macam kerusakan.

Efek dari paparan sinar UV pada mata antara lain pandangan yang kabur, pertumbuhan katarak dan pertumbuhan bagian permukaan mata.

Dalam jangka pendek, dampak kesehatan yang terjadi adalah fotokeratitis atau kebutaan salju atau bola mata terbakar. Hal ini akan cukup menyakitkan untuk mata.

Sama seperti kaburnya pandangan, fotokeratitis juga menyebabkan mata berair dan merah. Jika terjadi, hal ini harus ditangani secara serius.

Untuk menghindarinya, gunakan kacamata hitam dengan ukuran lensa ideal. Selain itu, pastikan pula menggunakan merek terpercaya yang melabeli kacamata mereka sebagai pelindung sinar ultraviolet.

Baca juga: Pemicu Kantong Hitam di Bawah Mata Bukan Cuma Kurang Tidur

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber elle.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.