Kompas.com - 18/06/2018, 20:00 WIB
Bersihkan muka dari sisa kosmetik. ShutterstockBersihkan muka dari sisa kosmetik.

KOMPAS.com - Ketika aktivitas sangat padat sehingga kita sudah tak punya tenaga lagi untuk membersihkan wajah di malam hari, tisu pembersih wajah seperti anugerah.

Tentu kita sudah hapal efek buruk tidur dengan membiarkan sisa make up dan kotoran masih menempel pada wajah.

Walau tisu pembersih wajah sangat praktis, namun para pakar tidak merekomendasikannya untuk dipakai setiap hari.

"Untuk make up yang dipakai tipis atau medium, tisu pembersih wajah memang cukup untuk membersihkan wajah," kata dokter kulit Shari Marchbein, seperti dikutip Allure.

Ia merekomendasikan produk tisu yang diformulasikan untuk kulit sensitif.

Menurut ahli dermatologi Erin Gillbert, kunci pemakaian tisu pembersih wajah adalah sampai tidak ada lagi residu yang tersisa di wajah.

"Jika kita memakai make up yang agak berat, misalnya pakai foundation, tisu pembersih wajah tidak cukup. Saya rekomendasikan untuk menambahkannya dengan mencuci muka," kata Gillbert.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Tisu Pembersih Makeup Tak Bisa Gantikan Manfaat Cuci Muka

Kedua dermatologi itu sepakat bahwa saat memakai tisu pembersih wajah, semua bagian wajah harus bersih, termasuk area dahi dekat rambut.

"Sisa-sisa make up dan kotoran, serta minyak, yang tertinggal, bukan cuma menyumbat pori-pori tapi juga mempercepat tanda penuaan," kata Gillbert.

Bersihkan wajah dari bagian tengah lalu ke bagian luar, dan berakhir di bagian rahang atau dahi.

Untuk bagian mata, sebaiknya gunakan pembersih khusus karena tisu pembersih biasanya kurang efektif mengangkat semua riasan mata.

"Tisu pembersih bisa dipakai untuk mengompres mata beberapa saat agar maskara lebih gampang dibersihkan dengan eye make up remover," saran Marchbein.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber allure.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.