Berapa Lama Olahraga HIIT Untuk Menurunkan Berat Badan?

Kompas.com - 20/06/2018, 06:06 WIB
Ilustrasi olahraga melompat UberImagesIlustrasi olahraga melompat
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Olahraga kardio sering dipilih sebagai cara untuk menurunkan berat badan karena aktivitas yang dilakukan dipercaya lebih banyak membakar kalori dan lemak.

Salah satu pilihan olahraga kardio yang bisa kita lakukan adalah olahraga HIIT.

Lantas, jika berencana untuk melakukan olahraga ini demi menurunkan berat badan, berapa lama waktu olahraga yang harus dilakukan?

High Intensity Interval Training (HIIT) termasuk dalam kelompok olahraga kardio yang memanfaatkan kombinasi gerakan intensitas tinggi dan intensitas rendah yang dilakukan secara bergantian dalam satu waktu.

Umumnya, durasi waktu yang dibutuhkan saat melakukan olahraga ini cukup singkat. Itu sebabnya, olahraga HIIT banyak dilakukan oleh mereka yang memiliki jadwal padat dan tidak punya cukup waktu untuk berolahraga, tapi ingin tetap mendapatkan manfaat baik dari olahraga.

Olahraga HIIT juga digadang-gadang sebagai salah satu metode yang manjur bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Pasalnya, seluruh latihan dalam HIIT diyakini bisa meningkatkan denyut jantung, serta membakar lebih banyak karbohidrat dan lemak selama olahraga dan saat istirahat.

Caranya pun tidak sulit, kamu bisa mengombinasikan beberapa macam gerakan olahraga, misalnya, plank, squat, lari, bahkan bersepeda dalam satu waktu latihan. Sebab, yang terpenting adalah intensitas selama latihan.

Baca juga: 15 Olahraga Kardio untuk Mereka yang Tidak Suka Lari

Ilustrasi olahraga lariUberImages Ilustrasi olahraga lari
Bagaimana cara kerja olahraga HIIT dalam menurunkan berat badan?

Selama melakukan olahraga HIIT, denyut jantung akan semakin meningkat bahkan hingga 85 – 90 persen. Kondisi ini membuat tubuh menghasilkan energi tanpa bantuan oksigen (anaerobik), akibatnya tubuh akan memaksimalkan jumlah EPOC (Excess Post-Exercise Oxygen Consumption).

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X