Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/06/2018, 07:07 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Mereka yang sering cuci piring pasti tidak asing dengan masalah kulit tangan kering dan kasar, bahkan merah teriritasi. Jika sudah terlanjur demikian, apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kondisi kulit?

Kulit kering dan iritasi setelah cuci piring disebabkan oleh paparan zat kimia yang terkandung dalam sabun cuci. Zat kimia sabun yang keras dan tentunya tidak untuk dikenakan ke kulit akan menyebabkan peradangan.

Peradangan ini disebut dengan istilah dermatitis atau eksim. Masalah kulit tersebut bisa semakin diperparah dengan gesekan antara kulit dan spons cuci piring.

Bila kulit terus-menerus terpapar bahan iritan tersebut, lama-kelamaan kulit akan menjadi kering, kemerahan dan mengalami penebalan.

Bila masih terus berlangsung, maka kulit dapat retak dan menjadi pecah-pecah. Kulit bisa terasa gatal dan perih bahkan saat tidak mencuci piring.

Bila tangan sudah terlanjur kering dan teriritasi, beberapa tips ini dapat kamu lakukan untuk mengatasinya:

  • Cuci piring pakai sarung tangan karet agar kulit tidak bersentuhan langsung dengan sabun cuci piring dan sponsnya.
  • Untuk meredakan rasa nyeri dan tidak nyaman, kompres dingin pada daerah kulit yang iritasi sebelum anda menggunakan krim pelembap
  • Krim kortikosteroid yang dijual bebas di apotek bisa digunakan untuk meredakan iritasi. Jangan gunakan lebih dari 2 minggu. Pastikan pula krim kortikosteroid tidak terkena mata saat mengoleskannya.
  • Gunakan pelembap kulit untuk menjaga kesehatannya. Namun, pakai dulu krim steroid baru lapisi dengan menggunakan krim pelembap tangan.

Ilustrasi mencuci piringLightFieldStudios Ilustrasi mencuci piring
Cara mencegah kulit kering dan iritasi akibat cuci piring

Sering cuci piring bisa membuat kulit kering, tapi jangan khawatir. Coba ikuti tips berikut untuk mencegah kulit kering agar kamu dapat mencuci piring dengan tenang:

  • Pakai sarung tangan karet lateks setiap kali cuci piring. Jika punya alergi lateks, gunakan sarung tangan karet yang non-lateks.
  • Setelah selesai mencuci piring, segera mencuci tangan hingga bersih dan oleskan krim pelembap agar kulit tetap lembab.
  • Cuci tangan secukupnya. Jangan berulang kali mencuci tangan secara berlebihan karena hanya akan membuat kulit menjadi semakin kering.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com