Viral Ketan Nangka, Tak Perlu Beli, Ayo Bikin Sendiri!

Kompas.com - 21/06/2018, 14:27 WIB
Ketan Nangka Pandan Instagram @faraleyamaKetan Nangka Pandan

JAKARTA, KOMPAS.com - Jagad kuliner dunia maya tengah diramaikan dengan viralnya sejumlah foto olahan nangka yang diisi ketan dengan parutan kelapa atau saus santan.

Namanya, Ketan Nangka.

Dua hari terakhir, di media sosial Instagram, banyak netizen yang menanyakan di mana tempat yang menjual olahan ketan nangka ini.

Pertanyaan ini disertai foto bergambar nangka yang di tengahnya berisi ketan putih.

Salah satu akun yang mengunggah foto kreasi makanan tersebut mendapatkan lebih dari 2000 likes.

Baca juga: Cara Beda Masak Opor Ayam, dari Resep Tahun 1972

Hasil penelurusan Kompas.com, ketan nangka sudah pernah diposting sejumlah akun sejak akhir tahun lalu.

Pada Januari 2018, beberapa pengguna Instagram juga telah mengunggah hasil olahan ketan nangka ini.

Salah satunya @faraleyama. Instagrammer yang memiliki pengikut lebih 129 ribu ini mengunggah bahan, cara, dan langkah-langkah pembuatan ketan nangka.

 

Boleh di slide yaaa ???? Kalau selerakuu yaa lebih enak ketan nangka daripada ketang mangga ?????? Lebih legitnya, ga pake saos, pake kelapa parut, nampol buangets legit gurih maniss wess enak yesss . Ketan Pandan Nangka @faraleyama Bahan Ketan ; -300gr beras ketan rendam semalem atau minim 2jam cuci bersih tiriskan -250ml santan kanil / santan kental -1/2sdt pasta pandan -2lembar daun pandan -1/2sdt garam -nangka buang biji secukupnya -kelapa parut kukus . Cara Memasak ; 1. Setelah ketan di rendam tiriskan lalu kukus kurang lebih 15menit ( ketan di taruh di wadah stenlis) 2. Sementara ketan dikukus, rebus santan pandan garam daun pandan sampai mendidih, jangan sampai pecah santan. Matikan api 3. Ketan yg telah dikukus / aron, tuang sedikit demi sedikit santan, aduk hingga rata dan menyatu 4. Kukus lagi selama 25menit 5. Ambil nangka isi ketan lalu taburi dengan kelapa parut. . #ketannangka#resepketannangka#cakedankue#doyanbaking#fotokue#resepyummy#lookbook#shoutout#shoutoutinfonesia#pictoftheday#instalike#likeforlike#doyanmasak#idebaking#ketan#resepketanpandan#fotomasak#jackfruit#berbagiresep#doyancooking#ykmk2014#ykmk2014_recipes#belajarbaking#foodphotography#jackfruit

A post shared by tin tin (@faraleyama) on Jan 1, 2018 at 5:03pm PST

Saat dihubungi Kompas.com, Kamis (21/6/2018), ia mengatakan, terinspirasi dari ketan mangga ala Thailand.

Faraleyama memilih membuat ketan berwarna hijau agar lebih menarik saat penyajiannya.

"Ide terinsipirasi dari ketan mangga Thailand. Nah, saya pikir nangka dimakan sama ketan kan juga enak. Biar perpaduannya cantik, saya bikin ketan pake pandan. Dan biar simple makannya, juga tetep gurih pake taburan kelapa muda," kata dia.

Ketan NangkaInstagram @faraleyama Ketan Nangka
Bagi kamu yang ingin mencobanya, tak perlu repot mencari di mana yang menjual ketan nangka. Kamu bisa membuatnya sendiri!

Ketan Nangka Pandan 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X