Kompas.com - 21/06/2018, 17:00 WIB
Ilustrasi media sosial THINKSTOCKS/IPOPBAIlustrasi media sosial

KOMPAS.com - Media sosial bukan cuma menjadi jejaring pertemanan, tapi kini berkembang sebagai tempat kita menumpahkan unek-unek alias komplain.

Walau begitu, berhati-hatilah dalam menyampaikan setiap keluhan di media sosial, apalagi menyangkut lembaga atau perusahaan. Ketahui dulu rambu-rambunya agar tidak menjadi bumerang.

1. Langsung pada lembaga yang dituju
Bila kamu punya komplain tentang produk atau jasa sebuah perusahaan, menyampaikannya lewat media sosial memang jadi cara terbaik untuk mendapat respon.

Setiap perusahaan biasanya memiliki beberapa akun media sosial, namun carilah yang paling aktif, misalnya ada yang memberi respon cepat di Twitter atau pun Facebook.

Jika kamu memiliki pengalaman negatif, sampaikan langsung pada website perusahaan tersebut dibanding lewat media sosial pribadi. Bila perlu, lampirkan bukti kuat, misalnya struk pembelian atau brosur.

Baca juga: Manfaatkan Bulan Ramadhan untuk Biasakan Bicara Baik di Media Sosial

2. Hindari komplain tentang masalah pekerjaan
Ini terutama jika kita berteman dengan rekan kerja di media sosial. Mengeluhkan tentang pekerjaan atau kolega akan menimbulkan rasa canggung di kantor.  Tak sedikit juga kasus karyawan yang dipecat karena curhat tentang kantornya di media sosial.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

3. Hindari mengeluh tentang keluarga
Walau kamu tidak menyebut nama, tetapi memposting status atau tweet yang menyiratkan tentang teman atau keluarga bisa berpotensi merusak hubungan.

Apa pun yang kita tulis di media sosial seharusnya dipikirkan dengan benar, bukan menuruti emosi semata. Dengan kata lain, jangan memposting sesuatu saat sedang marah.

Baca juga: Hindari Pamer Hal Ini di Media Sosial

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.