Kompas.com - 24/06/2018, 15:29 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kita memang dianjurkan untuk banyak minum air putih supaya tetap sehat. Rajin minum air putih juga dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan.

Berangkat dari situ, banyak yang mengadopsi cara diet ekstrim hanya dengan minum air saja terus-terusan tanpa makan apa pun selama beberapa hari.

Awas, menjalani diet minum air putih tanpa makan apa pun justru bisa berbalik membahayakan kesehatan.

Minum air putih bisa membantu menurunkan berat badan, meski efeknya tidak langsung. Minum air putih membantu proses detoksifikasi tubuh.

Saat kita cukup minum air putih, ginjal bisa bekerja lebih enteng untuk mengeluarkan racun dan zat sisa yang menumpuk dalam tubuh lewat urin.

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga membantu kerja sistem pencernaan lebih lancar untuk mengolah makanan sehingga mencegah sembelit.

Baca juga: 6 Kebaikan yang Didapatkan Jika Rutin Minum Air Hangat

Ketika Akita kurang minum, usus akan menyerap cairan dari feses untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi sehingga membuat sulit buang air besar.

Air membantu metabolisme tubuh bekerja lebih cepat membakar lemak. Minum 8 gelas air putih (± 2 liter) bisa memangkas hingga 100 kalori dalam sehari.

Kalori yang berkurang jika kita minum air dingin bahkan bisa lebih banyak lagi. Memperbanyak minum air putih juga membantu tubuh menghilangkan berat air, sehingga kita bisa menurunkan berat badan ekstra.

Baca juga: Banyak Minum Air Putih Bisa Turunkan Berat Badan?

Selain itu, minum air putih juga dapat menekan nafsu makan. Dalam jangka panjang, membatasi asupan makanan yang kurang sehat dapat mencegah terjadinya peningkatan kadar kolesterol dan gula darah sehingga membantu menurunkan risiko timbulnya penyakit kronis seperti penyakit jantung, hipertensi, diabetes, dan kanker.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.