Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahayanya Diet Hanya Minum Air Putih Saja, Tanpa Makan

Kompas.com - 24/06/2018, 15:29 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Kita memang dianjurkan untuk banyak minum air putih supaya tetap sehat. Rajin minum air putih juga dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan.

Berangkat dari situ, banyak yang mengadopsi cara diet ekstrim hanya dengan minum air saja terus-terusan tanpa makan apa pun selama beberapa hari.

Awas, menjalani diet minum air putih tanpa makan apa pun justru bisa berbalik membahayakan kesehatan.

Minum air putih bisa membantu menurunkan berat badan, meski efeknya tidak langsung. Minum air putih membantu proses detoksifikasi tubuh.

Saat kita cukup minum air putih, ginjal bisa bekerja lebih enteng untuk mengeluarkan racun dan zat sisa yang menumpuk dalam tubuh lewat urin.

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga membantu kerja sistem pencernaan lebih lancar untuk mengolah makanan sehingga mencegah sembelit.

Baca juga: 6 Kebaikan yang Didapatkan Jika Rutin Minum Air Hangat

Ketika Akita kurang minum, usus akan menyerap cairan dari feses untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi sehingga membuat sulit buang air besar.

Air membantu metabolisme tubuh bekerja lebih cepat membakar lemak. Minum 8 gelas air putih (± 2 liter) bisa memangkas hingga 100 kalori dalam sehari.

Kalori yang berkurang jika kita minum air dingin bahkan bisa lebih banyak lagi. Memperbanyak minum air putih juga membantu tubuh menghilangkan berat air, sehingga kita bisa menurunkan berat badan ekstra.

Baca juga: Banyak Minum Air Putih Bisa Turunkan Berat Badan?

Selain itu, minum air putih juga dapat menekan nafsu makan. Dalam jangka panjang, membatasi asupan makanan yang kurang sehat dapat mencegah terjadinya peningkatan kadar kolesterol dan gula darah sehingga membantu menurunkan risiko timbulnya penyakit kronis seperti penyakit jantung, hipertensi, diabetes, dan kanker.

Seorang wnaita sedang minumWavebreakmedia Ltd Seorang wnaita sedang minum
Diet hanya dengan minum air putih hanya boleh dilakukan maksimal 3 hari

Berdiet hanya dengan minum air putih saja tidak boleh dilakukan terlalu lama. Diet yang juga dikenal sebagai water fasting ini biasanya dapat dilakukan mulai dari 24 jam hingga maksimal tiga hari.

Diet minum air putih saja pun sebaiknya dilakukan ketika tubuh sedang dalam kondisi benar-benar sehat, tanpa ada gangguan kesehatan atau penyakit tertentu yang dapat mengganggu proses metabolisme dan pencernaan makanan.

Metode water fasting tidak cocok bagi seseorang yang membutuhkan asupan nutrisi yang konsisten dan teratur seperti wanita hamil dan ibu menyusui, serta lansia dan orang-orang dengan diabetes.

Namun, diet minum air putih saja bukan cara menurunkan badan yang sehat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com