Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Bahan Alami untuk Mengatasi Kulit Kepala Kering

Kompas.com - 25/06/2018, 06:06 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Kulit kepala kering bisa menyebabkan serangkaian masalah seperti gatal, ketombe, dan rambut rontok. Penyebabnya berbeda-beda, tetapi yang paling sering terjadi yaitu akibat reaksi terhadap perubahan cuaca dan produk perawatan rambut yang kita gunakan.

Selain itu, kebiasaan sehari-hari seperti kurang minum dan keramas yang terlalu sering juga bisa menyebabkan kulit kepala kering. Berbagai masalah kesehatan seperti eksim dan psoriasis juga turut menjadi penyebab kulit kepala kering.

Untuk mengatasi masalah ini, berikut berbagai perawatan alami yang bisa kamu coba untuk mengembalikan kelembapan kulit kepala.

1. Lidah buaya

Ilustrasi lidah buayaxuanhuongho Ilustrasi lidah buaya
Sifat antiradang dari lidah buaya dapat melembapkan kulit kepala yang kering dan mengurangi iritasi kulit yang diakibatkannya.

Cara pakainya sangat mudah. Belah lidah buaya segar dan usapkan bagian daging berairnya langsung di kulit kepala. Diamkan kurang lebih 10 menit sampai gel meresap dengan baik.

Alternatifnya, kamu bisa pakai gel lidah buaya asli yang dicampur dengan minyak esensial seperti lavender, tea tree, atau peppermint.

Pijat campuran tersebut di kulit kepala dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas bersih dengan shampo.

Selain dioleskan langsung ke kulit kepala, kamu juga bisa meminum jus lidah buaya agar hasilnya lebih maksimal.

Baca juga: 10 Manfaat Lidah Buaya yang Jarang Diketahui

2. Baking soda dan minyak zaitun

Ilustrasi minyak zaitundulezidar Ilustrasi minyak zaitun
Minyak zaitun dikenal manfaatnya sebagai pelembap kulit alami. Sementara itu, baking soda bersifat antijamur dan antibakteri.

Mengombinasikan keduanya untuk merawat kulit kepala kering bisa membantu menyelesaikan masalah, terlebih jika kamu juga ketombean. Campuran minyak zaitun dan baking soda bisa mengangkat ketombe yang membandel dan meredakan rasa gatal.

Campurkan keduanya dalam perbandingan yang sama, hingga tercampur rata. Kemudian ambil secukupnya dan pijatkan secara merata ke kulit kepala. Biarkan selama kurang lebih lima menit sebelum cuci bersih dengan sampo.

Pastikan membersihkannya dengan benar agar sisa-sisa bahan tidak menempel yang justru dapat menyebabkan masalah baru di kulit kepala.

Baca juga: Manfaatkan Minyak Zaitun dan Lemon untuk Atasi Ketombe

3. Yogurt dan telur

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com