7 Bahan Alami untuk Mengatasi Kulit Kepala Kering

Kompas.com - 25/06/2018, 06:06 WIB
Ilustrasi rambut kering LarsZahnerPhotographyIlustrasi rambut kering
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kulit kepala kering bisa menyebabkan serangkaian masalah seperti gatal, ketombe, dan rambut rontok. Penyebabnya berbeda-beda, tetapi yang paling sering terjadi yaitu akibat reaksi terhadap perubahan cuaca dan produk perawatan rambut yang kita gunakan.

Selain itu, kebiasaan sehari-hari seperti kurang minum dan keramas yang terlalu sering juga bisa menyebabkan kulit kepala kering. Berbagai masalah kesehatan seperti eksim dan psoriasis juga turut menjadi penyebab kulit kepala kering.

Untuk mengatasi masalah ini, berikut berbagai perawatan alami yang bisa kamu coba untuk mengembalikan kelembapan kulit kepala.

1. Lidah buaya

Ilustrasi lidah buayaxuanhuongho Ilustrasi lidah buaya
Sifat antiradang dari lidah buaya dapat melembapkan kulit kepala yang kering dan mengurangi iritasi kulit yang diakibatkannya.

Cara pakainya sangat mudah. Belah lidah buaya segar dan usapkan bagian daging berairnya langsung di kulit kepala. Diamkan kurang lebih 10 menit sampai gel meresap dengan baik.

Alternatifnya, kamu bisa pakai gel lidah buaya asli yang dicampur dengan minyak esensial seperti lavender, tea tree, atau peppermint.

Pijat campuran tersebut di kulit kepala dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas bersih dengan shampo.

Selain dioleskan langsung ke kulit kepala, kamu juga bisa meminum jus lidah buaya agar hasilnya lebih maksimal.

Baca juga: 10 Manfaat Lidah Buaya yang Jarang Diketahui

2. Baking soda dan minyak zaitun

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X